Kapal Kemanusiaan ACT Cabang Aceh Kirim 1.000 Ton Beras untuk Pengungsi Suriah

ACEH (UMMAT Pos) — Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh kembali menginisiasi program Kapal Kemanusiaan Beras untuk Suriah. Sebanyak 1000 ton beras donasi dari seluruh masyarakat Indonesia yang dibeli dari petani Aceh dan akan segera di layarkan via Turki.

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi Ummat Pos, Branch Manager ACT Aceh, Husaini Ismail menyampaikan bahwa atas dasar Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap tergerak untuk membantu rakyat Suriah yang masih hidup dalam kesengsaraan akibat blokade dengan segala kekurangan yang ada.

Keikutsertaan para petani Aceh dalam program Kapal Kemanusiaan merupakan yang pertama kalinya.

Seribu ton beras telah dipanen dari lahan pertanian seluas 340 hektare dengan melibatkan sekitar 5000 petani lokal. Mereka tersebar di sembilan kabupaten yang ada di Aceh. Seluruh kabupaten tersebut di antaranya Bireun, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Timur, Meulaboh, Nagan Raya, dan Abdya.

Menurut Husaini, mereka begitu antusias untuk membantu mengirimkan 1000 ton beras ke ke Turki, tempat Kapal Kemanusiaan Suriah berlabuh. Hal ini mengingat adanya hubungan diplomatis dan sosial yang erat antara masyarakat Aceh dan Turki bahkan sejak ratusan tahun silam.

“Pengiriman beras ini juga diharapkan dapat menjalin kembali hubungan sejarah Aceh dan Turki,” lanjutnya.

Sejumlah Truk kontainer pengangkut beras tersebut rencananya akan dilepas secara simbolis dari depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, pada Ahad, 15 April, mendatang. Kegiatan pelepasan juga akan dirangkaikan dengan tablig akbar.

Selanjutnya, Kapal Kemanusiaan Suriah dijadwalkan akan lepas sauh di Pelabuhan Belawan, Medan, pada 21 April 2018. Menurut Insan Nurrohman selaku Vice President ACT sekaligus Penanggung Jawab Kapal Kemanusiaan Suriah, KKS rencananya akan berlabuh di Pelabuhan Mersin, Turki.[fm/act]

 

 

PILIHAN REDAKSI