Kang Aher Raih Penilaian Tertinggi atas Kinerja Pemerintahan Daerah dari Presiden

BANDUNG (UMMAT Pos) – Pemerintah provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mendapatkan penghargaan Parasamia Purnakarya Nugraha dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Penghargaan tersebut adalah bentuk apresiasi pemerintah pusat atas kinerja pemerintah daerah yang dinilai baik dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat.

Mengutip laporan Jabarekspres.com, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan bahwa penghargaan tersebut diraih setelah mendapat penilaian tertinggi atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) dalam pelaksanaan pemerintah dan pembangunan selama tiga kali berturut-turut sejak 2015, 2016 dan 2017.

“Kita bersyukur mendapat hadiah tertinggi dari Presiden dalam prestasi pembangunan, yaitu Parasamya Purnakarya Nugeraha. Ini kado buat saya yang akan meninggalkan Gedung Sate,” kata Aher -sapaan Ahmad Heryawan- di Bandung (12/04).

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari turut mengucapkan apresiasinya atas penghargaan yang diraih Pemprov Jabar. Menurutnya, penghargaan diraih karena adanya kerja keras seluruh stakeholder pemerintah maupun masyarakat yang terus mengiringi pembangunan di Jawa Barat.

“Saya yakin kebersamaan dalam pembangunan di Jawa Barat ini adalah salah satu penilaian yang didapat oleh gubernur jawa barat untuk prestasi yang tertinggi ini,” kata Ineu.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Sumarsono mengungkapkan, Parasamia Purnakarya Nugraha adalah penghargaan tertinggi yang diraih Pemprov Jabar karena penghargaan lainnya terbilang parsial. Jawa Barat dinilai mampu membuktikan kinerja terbaiknya selama tiga tahun berturut-turut hingga mendapat penghargaan tersebut.

“Ini dihitung berdasarkan 700 indikator dan seluruh performance Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan kepemimpinan daripada seorang Aher,” kata Sumarsono.

Dikatakan dia, Pemprov Jabar secara konsisten memberi prestasi positif dalam setiap pembangunan yang dilakukan. Untuk itu, pemerintah pusat mengganjar Pemprov Jabar dengan penghargaan tersebut karena dinilai berhasil mengalahkan Pemprov Jatim yang sebelumnya telah lebih dulu mendapatkan penghargaan tertinggi dari presiden tersebut.

”Penghargaan diberikan nanti tanggal 25 April pada hari otonomi daerah oleh Presiden di Istana Negara, satu-satunya provinsi,” kata dia. (fm)

PILIHAN REDAKSI