Menjadi ibu yang baik (bukan perfect) di zaman now

JAKARTA (UMMAT Pos) — Salah satu tantangan kaum ibu zaman sekarang adalah luasnya informasi, yang tak jarang membuat mereka lupa mengenali anak mereka.

Tantangan millenial moms karena luasnya informasi, menurut psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjodjo kadang membuat mereka menjadi overwhelmed (kewalahan, ed).

Namun demikian menyikapi perkembangan zaman, para ibu jangan sampai lupa mengenali anaknya, kelebihan kekurangan, usia berapa, tahapan yang sedang berkembang apa. Lebih sering patokannya anak orang lain di Instagram.

“Harusnya informasi dari manapun difilter,” katanyadi Jakarta pada Rabu, (11/4).

Diakui penggunaan teknologi saat ini memiliki dampak positif dan negatif. “Positifnya, anak-anak dari milennial moms, lebih espresif mengutarakan perasaannya. Anak berani mengutarakan pendapatnya,” jelas Vera.

Selain itu, mereka cenderung melek teknologi karena terlahir di tengah teknologi yang sudah berkembang.

“Anak-anak sekarang sangat technology minded, karena lahir sudah bertemu teknologi berkembang,” tutur dia.

Sementara sisi negatifnya adalah anak-anak kadang dibiarkan sehingga mereka kesulitan untuk beradaptasi dengan aturan karena terbiasa bebas tanpa pengawasan.

“Mereka sulit masuk dengan lingkungan yang terstruktur,” paparnya.

Selain itu, menurutnya anak-anak cenderung telat berbicara saat usia balita akibat terkspos gadget berlebihan.

“Mengenal warna lebih cepat dan lainnya sehingga lupa ada media lain yang manfaatnya lebih banyak. Belajar puzzle (permainan bongkar pasang, ed) bisa dengan puzzle beneran. Anak perlu dibatasi , stimulasi variatif harus masuk,” ungkapnya.

Menurut dia, dalam mengasuh, displin tetap perlu. Sementara membebaskan anak boleh dilakukan, namun ada batasannya. Orangtua juga harus tetap menjaga keseimbangan dalam memberikan aturan sekaligus stimulasi kepada anak-anak mereka. [fm]