Anies Apresiasi Lukisan Spesial Anak Berkebutuhan Khusus di Bus Transjakarta

JAKARTA (UMMAT Pos) — Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan bersama jajaran PT Transjakarta meresmikan armada bus bertema “Ibuku Perempuan Tangguh” di halaman Balai Kota Jakarta, Selasa (24/4/2018).

Bus tersebut ini sangat spesial karena dilukis oleh anak-anak berkebutuhan khusus.

“Saya mengapresiasi dan kagum sekali atas goresan seni yang indah dan penuh warna di badan bus hasil karya anak-anak atau artis cilik berkebutuhan khusus,” katanya, Selasa (24/4/2018).

Tak hanya itu, kegiatan ini menurutnya juga untuk mengingatkan bahwa ada warga Jakarta yang memiliki kebutuhan khusus. Sehingga Pemprov DKI bersama pihak swasta harus memikirkan kebutuhan mereka.

“Bus ini menajdi pengingat. Sekaligus mengingatkan, anak-anak ini dididik oleh orangtua yang tangguh, ibu yang tangguh. bahkan tadi salah satu menceritakan tentang ibunya yang kuat. Hari Kartini bukan mengingatkan kita tentang perang, tetapi mengingatkan kita tentang hebatnya para orangtua kita. Anak-anak ini didik oleh orangtua yang hebat karena itu mereka bisa tumubuh potensinya,” jelasnya.

Anies juga mengucapkan terima kasih kepada orangtua dari anak-anak penyandang autisme, terlebih tema yang dibawa adalah sosok ibu tangguh yang mampu mendidik anak-anaknya menjadi lebih baik.

Dia berpesan agar masyarakat menghargai para penyandang disabilitas, khususnya anak-anak autisme.

“Yang berada di sini adalah saudara kita, para penyandang autisme, mereka adalah anak-anak yang memiliki kelebihan khusus, dan mereka tidak boleh dipandang rendah,” ujarnya.

Keberadaan Bus Transjakarta ini juga sebagai pesan untuk seluruh warga Jakarta bahwa kota ini merupakan milik semua, sehingga seluruh warga boleh terlibat dan harus difasilitasi.

“Kita saksikan karya mereka, ini pesan penting bagi warga Jakarta, bahwa Jakarta adalah milik semua dan harus memfasilitasi semua warganya,” ucapnya.

PT Transjakarta mengadakan kegiatan mewarnai bus Transjakarta di halaman Balai Kota, pada Jumat (20/4/2018). Kegiatan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif dalam memperingati Hari Karti setiap tanggal 21 April. Bus Transjakarta yang telah dilukis ini rencananya akan beroperasi di Koridor 1 Jakarta dan diharapkan menginspirasi kepedulian masyarakat Jakarta.[fm]

PILIHAN REDAKSI