Diundang Presiden Moon Jae-In, Presiden Erdogan Kunjungi Korea Selatan

SEOUL (UMMAT Pos) — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengunjungi Korea Selatan (Korsel) guna memenuhi undangan Presiden Moon Jae-in. Ia tiba di negara tersebut pada Selasa (1/5) malam waktu setempat.

Kedatangan Presiden kharismatik Turki ini di Seoul Incheoun International Airport disambut sejumlah pejabat Korsel, termasuk Duta Besar Turki untuk Korsel Ersin Ercin. Kedatangan Erdogan ke Korsel dilakukan untuk memenuhi undangan Presiden Korsel Moon Jae-in.

Pertemuan bilateral antara Erdogan dan Moon akan dilakukan pada Rabu (2/5). “Presiden Moon dan Presiden Erdogan akan meninjau perkembangan kemitraan strategis antara kedua negara dan mengadakan diskusi tentang cara-cara untuk meningkatkan kerja sama timbal balik mereka dalam bidang perdagangan dan bidang lainnya,” kata wakil juru bicara kepresidenan Korsel Ko Min-Jung, dilaporkan Yonhap.

Kerja sama dalam bidang perdagangan memang menjadi salah satu fokus kerja sama antara kedua negara. Dalam pertemuan tersebut, Erdogan tidak hanya didampingi Menteri Perdagangan Bulent Tufenkci, tetapi juga oleh 150 delegasi yang mewakili berbagai perusahaan di Turki.

Kedatangan Erdogan dengan 150 delegasi Turki lainnya sangat disambut oleh Menteri Perdagangan Korsel Paik Ung-gyu. “Peran perusahaan menjadi lebih penting untuk memperkuat hubungan ekonomi antara kedua negara,” ujarnya.

Volume perdagangan bilateral antara Turki dan Korsel meningkat lebih dari 17 persen antara tahun 2012 hingga 2017. Berdasarkan data resmi yang dirilis Pemerintah Korsel, nilai perdagangan mereka dengan Turki mencapai 6,12 miliar dolar AS.

Sumber: Republika

PILIHAN REDAKSI