Ustaz Bachtiar Nasir Launching Pusat Edukasi Palestina dan Baitul Maqdis, Rumah Spirit of Aqsa

JAKARTA (UMMAT Pos) — Ketua Umum lembaga kemanusiaan Spirit of Aqsa, Ust. Bachtiar Nasir mengimbau masyarakat Muslim khususnya aktivis kemanusiaan dan insan media Muslim untuk lebih memaksimalkan perannya dalam mengabarkan keadaan Masjid al Aqsa dan penindasan yang dialami oleh Muslim Palestina.

“Sehebat apapun karier Anda, kalau tidak ada cantolan (perhatian, red) ke Baitul Maqdis, walaupun itu tingkat internasional, anda bukan siapa-siapa,” ujar Ustaz Bachtiar dalam acara Silaturahim aktivis dan Media Pejuang Baitul Maqdis dan peresmian Rumah Spirit of Aqsa Jalan Tebet Barat X, Jakarta Selatan, Sabtu (5/5/2018).

Menurutnya, jawaban atas persoalan terbesar kenapa umat Islam tidak banyak yang paham permasalahan di Baitul Maqdis adalah karena kurangnya informasi yang sampai kepada mereka.

Oleh sebab itu, Ustaz Bachtiar menekankan pentingnya kerjasama khusus dan membangun jaringan informasi dalam membahas persoalan-persoalan di kiblat pertama kaum Muslimin tersebut.

“Dibutuhkan sebuah ikatan jurnalis, ikatan lembaga jurnalistik untuk pembebasan Baitul Maqdis. Di mana kita terhubung satu sama lain, membuat isu-isu berkala tetapi juga terhubung dengan al Quds sehingga kita mendapatkan live infomation,”jelasnya.

Di era informasi saat ini, lanjut pimpinan AQL ini, media yang konsen dengan persoalan al Aqsa dan kemanusiaan bisa membangun jaringan dengan agen-agen informasi yang ada di al Quds dan Gaza serta Palestina secara umum guna berbagi informasi secara langsung.

“Memang sudah ada TV al Quds yang berpusat di Lebanon, yang menayangankan langsung shalat tarawih di sana tapi TV ini saja sangat tidak cukup karena memang biaya mereka juga sangat sedikit dan kemampuan mereka juga sangat lemah,” ungkapnya.

Oleh karena itu, diera informasi, media-media yang ada di tanah air dapat berbagi infomasi melalui ikatan atau jaringan media. Untuk itu, pihaknya mencoba membuka jalan bagi insan media melalui silaturrahmi dan membangun komunikasi dengan media spirit of Aqsa dan media-media Muslim yang sevisi.

Dalam acara yang turut dihadiri oleh sejumlah aktivis dan media tersebut, Rumah Spirit of Aqsa juga memperkenalkan SoA Store dan Perpustakaan. Dari rumah ini diharapkan semangat besar masyarakat Indonesia untuk membela Palestina dan Baitul Maqdis bisa mendapatkan pencerahan terkait pengetahuan-pengetahuan mendasar yang harus dipahami.

Kehadiran Rumah Spirit of Aqsa menurut panitia, telah terbuka untuk kesempatan kunjungan individu maupun kelompok dengan penyampaian yang lebih cepat dan utuh. [fm]

 

PILIHAN REDAKSI