Sikapi Aksi Terorisme, Inilah Lima Seruan Anies Baswedan

JAKARTA (UMMAT Pos) – Menyikapi maraknya pemberitaan media seputar aksi terorisme di beberapa tempat di Indonesia, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meminta seluruh elemen masyarakat meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masyarakat.

Hal itu disampaikan Anies melalui surat Seruan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Normor 6 Tahun 2018 yang ditandatangani langsung oleh Anies hari ini, Rabu (16/5/2018).

Dalam Seruan Gubernur itu, Anies meminta kepada jajarannya dari tingkat anggota Dewan Kota atau Dewan Kabupaten hingga tingkat Rukun Tetangga (RT) menjaga stabilitas guna meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masyarakat.

“Dalam rangka menciptakan Jakarta sebagai Ibukota Negara yang aman dan kondusif dengan ini saya menyerukan kepada para anggota Dewan Kota atau Dewan Kabupaten, para anggota Lembaga Musyawarah Kelurahan, para anggota Forum Kewaspadaan Dini masyarakat, para ketua Rukun Warga (RW) dan para ketua Rukun Tetangga (RT),” demikian pernyataan Anies dalam Seruan Gubernur.

Ada lima point yang diperintahkan oleh Anies kepada jajarannya untuk segera dilaksanakan. Adapun lima isi Seruan Gubernur tersebut adalah.

Pertama untuk meningkatkan koordinasi dengan aparat wilayah dan aparat keamanan di lingkungan masing-masing.

Kedua, meningkatkan pengawasan terhadap penghuni kos, warga pendatang dan atau tamu.

Ketiga Anies memerintahkan untuk mengaktifkan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) bersama warga.

Keempat, melaporkan kepada aparat wilayah dan aparat keamanan apabila mengetahui atau menemukan situasi dan kondisi mencurigakan.

Kelima, mengajak warga untuk saling menjaga, menghadirkan suasana tenang, ikut peduli serta terlibat dalam merawat kerukunan dan keharmonisan lingkungan.

“Sebenarnya itu kemarin. Mungkin keluarnya baru hari ini ya. Seruan kepada semua jajaran mulai dari LMK, RT, RW, kemudian FKDM untuk meningkatkan kewaspadaan. Memantau kondisi lingkungan masing-masing dan bila melihat ada hal-hal yang mungkin mencurigakan, maka laporkan kepada aparat wilayah dan aparat keamanan. Sehingga kita bisa memastikan Jakarta aman,” kata Anies dikantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (16/5).

Seruan Gubernur tersebut guna memastikan Jakarta aman dari segala bentuk gangguan keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Sehingga diminta aparat pemerintah dari level RT turut memantau warganya.

Bila menemukan sesuatu yang janggal, Anies meminta agar segera melaporkan kepada aparat keamanan sehingga tidak menimbulkan kepanikan. “Saya rasa aparat keamanan wilayah sudah bekerja dengan baik dan insya Allah Jakarta tetap aman sekarang,” tegas Anies.
Dalam Seruan Gubernur itu juga diminta para RT, RW dan LMK untuk memastikan kegiatan lingkungan masing-masing tidak menimbulkan ancaman termasuk mengawasi setiap rumah kost. “Jadi kita tidak ingin lengah, kita ingin waspada, dan kewaspadaan itu sampai tingkat paling bawah,” kata Anies.

Sumber: Poskota

PILIHAN REDAKSI