Bawa Pesan Dukungan Untuk Palestina, Wapres Jusuf Kalla Akan Hadiri KTT OKI

JAKARTA (UMMAT Pos) — Indonesia dipastikan menghadiri Sidang Luar Biasa negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam di Istanbul, Turki pada Jumat (18/5/2018) mendatang.

Wakil Menteri Luar Negeri M Fachir mengatakan, perhelatan itu akan dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla. “Indonesia diundang dalam acara itu dan Insyaallah dihadiri Wakil Presiden,” ujar Fachir saat dijumpai di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Pada Sidang Luar Biasa OKI itu, Indonesia akan menegaskan kembali komitmennya mendukung kemerdekaan bangsa Palestina dari Israel. Indonesia secara khusus akan mengungkapkan protesnya atas klaim sepihak Amerika Serikat terhadap Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Message yang akan kami bawa juga dan ingin lebih konkret adalah mendesak agar yang paling bertanggung jawab itu, Dewan Keamanan PBB, mengambil langkah-langkah nyata sekaligus meminta bantuan untuk Palestina,” ujar Fachir.

Indonesia, kata dia, berharap agar pertemuan Sidang Luar Biasa OKI menghasilkan pernyataan konkrit mengenai nasib Palestina. Selain itu, Indonesia juga akan mengkampanyekan agar negara-negara OKI meminta Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan.

“Pesannya yang akan kita bawa ingin [hasil] lebih konkrit dan yang mendesak agar DK PBB bertanggung jawab,” tambah dia.

Sebelumnya, Presiden Turki Reccep Tayyip Erdogan menginisiasi pertemuan Sidang Luar Biasa anggota negara-negara OKI pada Jumat nanti. Hal ini dilakukan menyusul sikap Amerika Serikat yang memindahkan kedutaan besarnya ke Yerusalem.[fm]

PILIHAN REDAKSI