Hadirilah Tabligh Akbar; Peradaban Islam Turki – Indonesia Bersama Komunitas Sahabat Erdogan Indonesia

JAKARTA (UMMAT Pos) —  Indonesia dengan Turki keduanya sama-sama merupakan negara dengan penduduk mayoritas Muslim juga negara demokrasi modern. Kedua negara berperan sebagai contoh bagaimana Islam dan demokrasi bisa hidup bersama dan maju.

Hubungan Indonesia dengan Turki bisa ditinjau kembali ke abad ke-12. Selanjutnya,  hubungan dengan Kesultanan Utsmaniyah (Pergantian negara Turki) diperkuat dengan adanya ekspedisi Utsmaniyah ke Aceh pada abad ke-16.

Berdasarkan fakta sejarah tersebut Komunitas Sahabat Erdogan Indonesia mengagendakan gelaran Tabligh Akbar dengan tema: Tamadun Islam: “Dibalik Kejayaan Penaklukan Konstantinopel Oleh Sulthan Al-Fatih” (Hubungan Histori Aceh dan Turki) dengan menghadirkan sejumlah narasumber seperti Ustaz Dr. Muhammad Zaitun Rasmin, Lc., MA (Ketua Ikatan Ulama dan Da’i Asia Tenggara/ Sekjen MUI Pusat), Ustaz Cemal Şahin (kepala perwakilan resmi Hayrat Vakfi di Indonesia) dan Kamarullah (Alumni Universitas Turki asal Aceh – Indonesia).

Tabligh Akbar akan digelar pada 1 Juni (17 Ramadhan) pukul 13:00 – 17:50 di Masjid Al-Insan : Jl. Patal Senayan No. 1 Rt. 6/7 Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Menurut Ketua Panitia Acara, Dede Amir Fadhillah, selain Tabligh Akbar, panitia juga mengadakan sejumlah kegiatan menarik lainnya seperti Bazar dan pembukaan kesempatan kursus bahasa Turki gratis dan informasi seputar peluang bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Turki.[fm]

 

PILIHAN REDAKSI