Jelang Tarawih Akbar, Anies Undang Sejumlah Tokoh Buka Puasa di Balaikota

JAKARTA (UMMAT Pos) — Sebelum melaksanakan ibadah Tarawih bersama di Masjid Istiqlal, Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengundang sejumlah tokoh Ulama dan cendekiawan Muslim untuk berbuka puasa bersama di ruang Balai Agung, Gedung Balai Kota Jakarta Jl. Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu malam, (26/5/2018). Acara dilanjutkan dengan ibadah shalat Magrib secara berjamaah.

Dalam sambutannya, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini mengungkapkan keinginannya untuk dapat melaksanakan kegiatan ‘Tarawih Akbar’ sebagai sebuah tradisi baru dengan mengumpulkan warga ibukota, guna melaksanakan rangkaian ibadah Shalat Sunnah Tarawih di Masjid Istiqlal.

“Kita berencana untuk memulai kegiatan tarawih bersama seluruh warga, tiap sabtu kedua bulan Ramadhan, Sabtu kedua, cukup satu kali dalam satu bulan (Ramadhan, ed), “ujar Anies.

Dia juga menjelaskan alasan dipilihnya satu hari di bulan suci tersebut, yaitu guna mengumpulkan tokoh-tokoh Muslim, dan para pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) yang tersebar di seluruh penjuru ibukota. Kegiatan dimaksud diharapkan menjadi ajang silaturrahmi dan berkumpul bersama bagi para tokoh tersebut, di tengah-tengah maraknya kegiatan ibadah di masing-masing Masjid.

Silaturrahmi Gubernur DKI bersama sejumlah tokoh Muslim, pengurus Masjid dan perwakilan direksi media. Foto: Istimewa/ Afifuddien Rohaly/ Ummat Pos

“Ini baru pertama kali, baru pertama kali mulanya sedikit, tapi ini sebagai permulaan. Dan kita berharap ini akan menjadi motor penguat ukhuwwah Islamiyah kita,” kata Anies menambahkan.

Berkumpulnya para tokoh Muslim tersebut, lanjut Anies bukan sekadar berkumpul atau untuk melakukan melakukan ‘aksi’, namun untuk beribadah shalat tarawih dan menjadi sebuah pengalaman dan sebagai sarana edukasi bagi anak-anak Muslim.

Dalam kesempatan yang sama, Anies juga menyampaikan harapannya, yaitu di ibukota dapat dicetak seribu orang hafiz (penghafal) al Quran.

Salat Tarawih Akbar yang diselenggarakan di setiap Sabtu kedua Bulan Ramadan itu juga akan membagikan makanan kepada masyarakat. Hari ini pihaknya membagikan sekitar 30 ribu paket makanan.

Pantauan koresponden Ummat Pos di Balai Kota, tampak hadir sejumlah tokoh di antaranya Ketua MUI Pusat, KH. Cholil Ridwan, Lc., Politisi Partai Keadilan Dr. Mohamad Sohibul Iman, Perwakilan media termasuk Direksi Media Islami (Wesal TV) dan sejumlah pejabat Pemda DKI. [fm]

 

PILIHAN REDAKSI