Inisiatif Zakat Indonesia Luncurkan Majalah Digital dan e-Book tentang Zakat

JAKARTA (UMMAT Pos) — Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) terus melakukan terobosan dalam meningkatkan kesadaran pemahaman masyarakat tentang zakat yang dinilai masih rendah. Salah satunya dengan mengenalkan Majalah Digital dan e-Book yang merupakan metamorfosa dari website IZI sebelumnya.

“Ketika masyarakat masuk ke website IZI, bukan hanya informasi tentang IZI yang didapat, tetapi masyarakat bisa mendapatkan informasi lain yang lebih baik. Konten-konten tentang edukasi zakat dapat dilihat di Majalah Online ini. Kita ingin memberikan konten yang lebih bervariatif, lebih beragam dan lebih bermanfaat tinggi bagi masyarakat,” jelas Direktur Utama IZI, Wildhan Dewayana kepada Ummat Pos dalam acara peluncuran Majalah Digital InIZIatif dan e-Book bertema “10 Menit Paham Zakat” di Kantor Pusat IZI, Jalan Raya Condet, Jakarta Timur, Jumat sore (25/5)

BACA JUGA: Inisiatif Zakat Indonesia Launching Baitul Ilmi Dan Korps Da’i

Terobosan lainnya adalah e-Book, Wildhan menjelaskan, yang mana mengenalkan pemahaman tentang zakat hanya dengan 10 menit. Buku karya empat penulis ini merupakan inovasi pemahaman zakat yang dikemas dalam buku panduan berbentuk e-Book.

“E-Book adalah inovasi yang kita hadirkan untuk masyarakat, sambungnya, melengkapi spektrum literasi kajian zakat yang lebih dulu kita launching sebelumnya yaitu Zakat Game. Dalam waktu dekat IZI juga akan launching buku zakat versi yang cukup serius, Fiqih Zakat Kontemporer untuk konsumsi bagi kalangan akademis.” tuturnya.

Jangkauan Lebih Luas

Sementara itu, Direktur Edukasi dan Kemitraan ZIS, Rully Barlian Thamrin menambahkan, tahun lalu IZI melaunching website yang booming yaitu Zakatpedia.com. Ini menjadi sebuah website yang interaktif dan mendapat respon bagus, sehingga banyak sekali kalangan yang mendonasikan zakat, infak dan sedekah melalui situs Zakatpedia.com.

Kemudian menurutnya kini IZI masuk ke website Majalah Digital, menurut Rully, pengunjung dapat lebih banyak mendapatkan informasi, bukan hanya belajar tentang zakat saja tetapi ada konten keislaman, dan banyak inspirasi lainnya.

BACA JUGA: Majelis Ta’lim Telkomsel Dukung Program Rumah Singgah Pasien IZI

Mengenai e-Book, kata Rully, jangkauan pemahaman tentang zakat lebih luas dan efektif. Kita tahu, lanjutnya, untuk menyetak sebuah buku tentu membutuhkan biaya tidak sedikit, belum lagi distribusi ke daerah-daerah yang memakan waktu cukup lama.

Namun dengan e-Book, jelas Rully, masyarakat bisa cepat mendapatkan informasi pemahaman tentang zakat. Pembaca hanya memasukkan nama, email dan nomor telepon seluler nanti akan di download file dan buku panduan zakat “10 Menit Paham Zakat” akan tampil.

“Dengan peluncuran majalah digital dan e-Book, kami berharap, mudah-mudahan ini dapat menjadi sebuah penyegaran bagi masyarakat yang ingin berinteraksi dengan website IZI,” harapnya.

E-Book dengan judul 10 Menit Faham Zakat ditulis oleh beberapa Ustaz diantaranya, Dr. Oni Sahroni, Dr. Agus Setiawan, Mohammad Suharsono, Lc., M.E dan Adi Setiawan Lc., M.E.[ricky_hafidz/fm]