Militer Turki Lumpuhkan Teroris Separatis yang Bersembunyi di Wilayah Iraq

QANDIL, UTARA IRAQ (UMMAT Pos) — Operasi udara anti-teror yang dilakukan di Qandil, Iraq Utara, telah berhasil melumpuhkan 35 anggota organisasi teroris separatis PKK. Demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh Kepala Staf Umum Turki.

Dengan demikian, diberitakan bahwa dalam operasi udara yang dilakukan pada 15 Juni, 35 teroris PKK telah dinetralkan.

Mengutip laporan kantor berita Turki, TRT bahwa Presiden Recep Tayyip Erdoğan menyebut beberapa titik pertemuan penting organisasi teroris separatis PKK telah ditembaki dalam operasi militer di Qandil, Iraq bagian utara.

Erdoğan lebih lanjut menginformasikan tentang operasi militer di Qandil dalam sebuah program televisi yang ia hadiri semalam, mengingatkan bahwa sebagai langkah pertama pihaknya telah menembaki 10 target penting dengan 20 pesawat tempur dan ia juga mengatakan bahwa diantara target yang ditempaki adalah amunisi milik pihak kelompok teroris.

Ia menyatakan bahwa beberapa titik pertemuan PKK telah ditembaki, “Kami mengevaluasi nama-nama penting yang telah dinetralkan.”

Erdoğan menjawab pertanyaan, “Apakah akan dilakukan operasi darat di wilayah Qandil?,”

“Sekarang kami memiliki medan yang sangat berbeda dengan Qandil, Anda tahu kami memiliki beberapa pangkalan di Iraq Utara, kami perlu memperkuat pangkalan-pangkalan ini dan kami ingin melakukan ini dengan Pemerintah Pusat Iraq.” jawabnya.

Terkait isu Sinjar, Presiden Erdoğan mengatakan bahwa tempat ini merupakan Qandil kedua bagi Turki, oleh karena itu sangat diprioritaskan,

“Oleh karena itu, kami akan melakukan apa yang perlu kami lakukan di Sinjar. Di sini MIT (Badan Intelejen Nasional) akan terus melakukan tugasnya,” katanya.

Erdoğan mengatakan bahwa dirinya terus bekerja dengan cara yang sama di Suriah bagian utara. Ia juga menekankan bahwa tidak akan ada waktu untuk bersantai-santai.[fm/trt]

PILIHAN REDAKSI