Pilkada serentak hari ini diikuti 152 juta orang Indonesia

JAKARTA (UMMAT Pos) — Sebanyak 152 juta lebih warga negara Indonesia memberikan suaranya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 171 tempat, hari ini, 27 Juni. Dari jumlah pemilih tersebut, KPU menargetkan tidak kurang dari 118 juta orang menggunakan hak pilihnya.

Pilkada serentak tahun ini dilaksanakan di 17 provinsi (dari 34 provinsi di Indonesia), 36 kota dan 115 kabupaten, menurut data KPU).

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Wahyu Setiawan menyebutkan sejumlah 520 pasangan calon yang akan bertarung pada Pilkada tahun ini dengan total biaya penyelenggaraan hampir mencapai Rp16 triliun, termasuk untuk biaya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan pengamanan.

“Kami secara intensif berkoordinasi dengan Kementerian Polhukam, TNI dan polisi. Karena Pilkada tidak bisa terselenggara tanpa rasa aman,” kata Wahyu pada hari Selasa, seraya menambahkan biaya pengamanan Pilkada tahun ini mencapai Rp379 miliar.

Menurut Wahyu, proses distribusi surat suara sudah merata di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di Indonesia yang berjumlah 387.566 TPS, meskipun sempat mengalami gangguan cuaca dan medan.

Dia mengakui bahwa KPU masih memiliki keprihatinan akan terbatasnya literasi politik warga untuk berpartisipasi dalam Pilkada tahun ini.

Menurut Wahyu, pendidikan politik bagi warga negara perlu digalakkan secara intensif terutama soal pilihan politik yang akan diambil.

“Kami [KPU] harus memastikan hak politik warga dapat terlayani dengan baik atau tidak,” ujar dia.

Sejumlah penyelenggara hitung cepat akan menyajikan hasil akhir penghitungan suara paling lama tiga jam setelah TPS ditutup.[fm]

PILIHAN REDAKSI