Pertemuan Forum Ilmiah Ulama dan Cendekiawan Muslim Internasional V Digelar di Jakarta

JAKARTA (UMMAT Pos) — Rabithah Ulama dan Dai Asia Tenggara yang diketuai Ustaz Dr. Muhammad Zaitun Rasmin bekerja sama dengan Yayasan al Manarah Al Islamiyah yang diketuai oleh Syekh Khalid Al Hamudy, dan didukung oleh Pemprov. DKI Jakarta, kembali menyelenggarakan Forum Ilmiah Internasional yang ke-5 (Al Multaqa al Duwaly al ‘Ilmy al Khamis) di Grand Hotel Jakarta pada Selasa, 3/7/2018.

Forum pertemuan tahunan para ulama, cendekiawan dan aktivis dakwah ini dibuka oleh Wakil Presiden, Muhammad Jusuf Kalla dan sambutan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Menurut Sekretaris Rabithah Ulama dan Dai Asia Tenggara, Ustaz Jeje Zainudiin, forum internasional ini diagendakan berlangsung selama empat hari yaitu dari hari Selasa sampai dengan Jumat, 3 hingga 6 Juli 2018, dengan menyajikan beberapa makalah yang akan disampaikan dan dibahas oleh para tokoh ulama dan cendekiawan dari luar dan dalam negeri.

“Forum akbar tahunan ini konsisten dengan pengambangan wacana dakwah yang murni tanpa ditunggangi kepentingan-kepentingan politik pragmatis,” jelasnya.

Acara forum internasional ini sendiri telah menjadi agenda tahunan dari program kerja Rabithah Ulama dan Dai Asia Tenggara sejak didirikannya pada tahun 2014. Pada Multaqa yang pertama yang diselenggarakan di Depok Tahun 2014 sebagai tahun pembentukan Rabithah.

Para peserta yang hadir lebih dari 500 peserta didominasi oleh para undangan dalam negeri yang terdiri dari para ulama, cendekiawan, dai, dan para utusan pimpinan ormas Islam seperti MUI, Muhammadiyah, Nahdhatul Ulama, PERSIS, Wahdah Islamiyah, Dewan Dakwah Islamiyah, FPI, Al Irsyad, Syarikat Islam, An Najat al Islamiyah, PUI, Al Washliyah, Hidayatullah, GP Anshar DKI, dan ormas-ormas lainnya.

Selain itu, lebih dari seratus ulama dan dai datang sebagai undangan dari negara-negara Asia Tenggara dan beberapa ulama dan tokoh utusan dari negara-negara Afrika dan Eropa serta belasan duta besar negara-negara Islam untuk Indonesia.[fm]