Dewan Keamanan PBB kembali akan bahas masalah Rohingya pada 23 Juli 2018

MYANMAR (UMMAT Pos) — Dewan Keamanan PBB telah menjadwalkan pembahasan kondisi terkini pengungsi Rohingya pada tanggal 23 Juli 2018, kata ketua Dewan Keamanan PBB, pada Senin, (6/3/2018).

Utusan PBB untuk Myanmar Christine Schraner-Bergner mengatakan bahwa dirinya akan mempresentasikan temuannya tentang kondisi terakhir pengungsi Rohingya.

Dirinya berharap ada partisipasi kongkrit dari anggota Dewan untuk mengembalikan para pengungsi Rohingya dari Banglades ke Myanmar, walaupun ada keengganan bagi para pengungsi untuk kembali, karena keselamatan mereka terancam

Dia juga berharap Dewan mampu memberikan tekanan kepada Myanmar atas hak hidup setiap warga Negara, khususnya kaum minoritas.

Seperti diketahui bahwa pada tanggal 25 Agustus 2017 tentara Myanmar dan milisi Budha ekstrimis melancarkan tindakan keras kepada warga muslim Rohingya di propinsi Arakan(Rakhine), sebelah barat Negara Myanmar.

Pemerintah Myanmar menganggap mereka adalah imigran gelap dari Bangladesh, sedangkan PBB sudah mengklarifikasi bahwa mereka sebagai minoritas paling teraniaya di dunia.[sa/aa]

PILIHAN REDAKSI