33 titik api di Israel selatan disebabkan oleh balon api yang dilemparkan dari jalur Gaza

JALUR GAZA (UMMAT Pos) — Sebanyak 33 titik kebakaran terjadi di selatan Israel sebagai akibat dari penembakan bom Molotov oleh pengunjuk rasa Palestina di daerah yang berdekatan dengan Jalur Gaza, pada Senin (9/7), menurut harian Ibrani Yedioth Ahronoth.

Surat kabar itu menambahkan bahwa “departemen terkait, sudah mengendalikan kebakaran ini, dan tidak ada korban jiwa.”

Menurut statistik terbaru Israel, kerugian ekonomi akibat balon api yang diluncurkan dari Jalur Gaza, sejauh ini berjumlah sekitar 8,5 juta shekel (2,5 juta dolar AS).

Orang-orang Palestina mulai menggunakan balon api dan dengan bahan-bahan yang terbakar pada bulan Mei sebagai reaksi terhadap pembantaian yang dilakukan oleh tentara terhadap mereka selama kebangkitan aksi di bulan Maret, yang dimulai pada 30 Maret.

Diketahui, ribuan warga Palestina berkumpul di beberapa lokasi dekat pagar antara Jalur Gaza dan Israel untuk menuntut kembalinya pengungsi Palestina ke desa-desa dan kota-kota mereka pada tahun 1948 dan untuk menghentikan pengepungan di Jalur Gaza.

Tentara Israel sudah menghalau dengan keras aksi tersebut, dan mengakibatkan jatuhnya korban jiwa lebih dari 137 orang Palestina dan ribuan korban luka. Demikian laporan Kantor berita Anadolu Agency.

Laporan: Saifullah Abubakar

Editor: Faisal

PILIHAN REDAKSI