AS pasok senjata untuk organisasi teroris, PKK di utara Suriah

HASAKAH, SURIAH (UMMAT Pos) — Pemerintahan Amerika kembali menunjukkan dukungannya kepada organisasi teroris separatis PKK/ YPG, dengan mengirimkan 200 truk persenjataannya ke Suriah Democratic Forces (SDF) yang dibentuk oleh para teroris PKK dan berada di kota Al-Hasakah di utara Suriah.

Dilaporkan Kantor Berita Turki, TRT, bahwa senjata-senjata yang diberikan AS, dikirim ke tim SDF di Suriah melalui Irak dan dibawa dari pintu perbatasan Simalka yang dikawal oleh pengawal perbatasan Irak.

Sumber-sumber SDF mengatakan bahwa senjata-senjata yang telah sampai ke tangan mereka, akan digunakan dalam operasi-operasi melawan organisasi teroris Daesh di selatan Al-Hasakah.

AS juga telah mengirimkan 250 truk senjata berat dan kendaraan Hummer lapis baja ke SDF pada bulan Juni.

Dengan pengiriman terakhir, AS telah mengirim sedikitnya 5000 truk senjata berat ke SDF sejak 2011 dimana krisis Suriah dimulai.

Diketahui, PKK sendiri terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki dan Uni Eropa.

Sebelumnya, Turki pada 20 Januari lalu meluncurkan Operasi Ranting Zaitun untuk membasmi teroris PYD/PKK dan Daesh dari Afrin, Suriah.

Kemudian pada 18 Maret, pasukan yang didukung Turki membebaskan pusat kota Afrin, yang selama ini menjadi tempat persembunyian utama bagi YPG/PKK sejak 2012.

[fm/trt/anadolu]

PILIHAN REDAKSI