Yayasan Hayrat perwakilan Turki di Indonesia resmikan Rumah Tahfizh di Bekasi

BEKASI (UMMAT Pos) — Yayasan Hayrat perwakilan Turki di Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Hayrat Insani Yardim Dernegi yang juga berpusat di negara tersebut meresmikan Rumah Tahfizh pertama mereka di Madrasat Hayrat Jl. Giro No. 22 Jaticempaka, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Ahad (15/72018).

“Alhamdulillah pada hari ini kita telah merasmikan sebuah Rumah Tahfiz yang dinamakan Rumah Tahfiz Ahmed Hüsrev Altınbaşak yang ini adalah Rumah Tahfiz pertama yang kita buka dan kita telah memilih 8 pelajar daripada 30 orang pelajar yang kita sudah wawancara,” ujar pembina Madrasah ini Ustaz Syafiq Syafii kepada Ummatpos.com.

Menurut Ustaz Syafiq, selain program menghafal al Quran, para pelajar tersebut secara khusus akan belajar Tafsir Risalah Nur karya Ulama kharismatik Turki Said Nursi atau Badi’uzzaman Said Nursi.

BACA JUGA: Undang Dua Pembicara Dari Turki, PPQT Mimbar Huffaz Gelar Kajian Islam

Dijelaskan bahwa gelar “Badi’uzaman“ yang disematkan pada nama Said Nursi berasal dari bahasa Arab yang berarti sosok yang paling berpengaruh atau dalam bahasa Turki disebut dengan Zamanın Harikası (Tokoh yang memiliki pengaruh kuat di zaman Turki Utsmaniyah).

“Tafsir ini adalah salah satu kitab turats (khazanah peradaban Islam) yang membicarakan hakikat-hakikat iman yang diambil daripada al-Quran tafsirannya, dan banyak membicarakan tentang tauhid, tentang nubuwah dan hari kebangkitan dan insyaallah dengan program ini di samping para santri menghafal al Quran, mereka juga akan dikuatkan dengan hakikat-hakikat iman daripada risalah Nur ini,” lanjut Ustaz Syafiq.

Para peserta program ini menurut Ustaz Syafiq diharapkan mampu menyelesaikan target hafalan al Qurannya dengan beasiswa penuh dan bagi santri yang berprestasi akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti studi lanjutan yang diistilahkan dengan Summer Camp di negeri di Turki.

Yayasan Hayrat bergerak dan melaksanakan kegiatan keagamaan yang bertujuan untuk penyebaran semangat dan nilai-nilai keislaman baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain misi utama bergerak dalam bidang pendidikan pelayanan Quran dan Iman, yayasan wakaf ini juga aktif terlibat dalam persatuan Muslim di tingkat nasional maupun internasional.[faisal]

PILIHAN REDAKSI