Menara-menara Masjid Turki tampilkan doa untuk mengenang kegagalan kudeta

ANAKARA (UMMAT Pos) — Pada Senin malam(16/7), menara-menara di Turki akan menampilkan shalawat kepada Nabi Muhammad, sebagai doa untuk memperingati tahun kedua upaya kudeta yang gagal di musim panas 2016.

Shalawat kepada nabi ditampilkan sebanyak 90.000 menara di Turki untuk memperingati upaya kudeta yang gagal (malam 15-16 Juli 2016).

Di antara masjid-masjid terkenal, yang berpartisipasi untuk menampilkan shalawat kepada Nabi, di kota Istanbul,”Masjid Sultan Ahmed”, “Masjid Sulaymaniyah”, “Masjid Fatih”, “Masjid Shahzadeh” dan “Masjid Sultan Ayub.”

Masjid-masjid memiliki peran penting dalam melawan kudeta, melalui shalawat kepada Nabi, yang ditampilkan sepanjang malam peringatan gagalnya upaya kudeta, guna mendorong warga agar keluar ke jalan dan alun-alun untuk menghadapi kudeta dan mencegah mereka dari strategi yang sudah direncanakan.

Pada pertengahan Juli 2016, ibu kota Turki, Istanbul, dan warga Istanbul menyaksikan gagalnya kudeta yang diduga didalangi oleh Fethullah Gulen bersama sekelompok kecil tentara, di mana mereka berusaha menduduki sendi-sendi negara, institusi keamanan dan media.

Upaya kudeta itu disambut dengan protes besar warga Turki di beberapa kota dan negara bagian. Para warga berbaris menuju markas besar parlemen dan kepala staf di ibukota, bandara internasional di Istanbul dan markas keamanan di sejumlah kota.

Laporan: Saifullah Abubakar

Editor: Faisal

PILIHAN REDAKSI