Washington bujuk Ankara untuk membeli rudal “Patriot” sebagai pengganti “S-400” Rusia

ANKARA (UMMAT Pos) — Sumber diplomatik Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa Washington sedang membujuk Ankara untuk membeli sistem rudal Patriot dan meninggalkan sistem udara S-400 milik Rusia.

Pernyataan ini dikutip dari Duta Besar Turki, Tina Kaaha, dan Asisten Menteri Luar Negeri AS yang bertugas dalam urusan militer dan politik, dia mengatakan bahwa delegasi pejabat AS hadir di Farnborough Airshow untuk mengadakan pertemuan dengan sekutu dan mereka berharap dapat memberikan dukungan melalui perdagangan system pertahanan AS.

Departemen Luar Negeri seperti dilansir Turkpress telah mengadakan pembicaraan dengan Turki “dalam upaya untuk memberi pemahaman kepada pemerintah Turki tentang apa yang bisa kita lakukan dengan Patriot.

Pejabat AS tersebut menegaskan bahwa Washington ingin memastikan bahwa pemerintah yang menjadi sekutu AS, “tetap mendukung hubungan strategis antara kami dan sekutu kami, dan dalam kasus Turki sistem persenjataannya adalah Patriot.”

Pihak Turki sendiri telah menandatangani perjanjian dengan Rusia untuk pembelian sistem pertahanan Ankara menggunakan “S -400” milik pertahanan udara Moskow, hal ini memicu kritik dari sekutu Turki, sementara pihak Amerika Serikat mengancam Turki akan menghentikan pengiriman pesawat canggih F-35.

Turki mengakui bahwa pembelian “S-400” Rusia,adalah dampak dari kegagalan sekutunya di Barat untuk memenuhi tanggung jawab keamanan dan pertahanan mereka.

Laporan: Saifullah Abubakar

Editor: Faisal

PILIHAN REDAKSI