Jepang mulai tinggalkan impor minyak dari Iran, ditekan AS?

TOKYO (UMMAT Pos) — Perusahaan-perusahaan energi Jepang, di bawah tekanan AS, mulai menghentikan impor minyak dari Iran secara penuh dalam waktu tiga bulan.

Mengutip surat kabar Jepang “Nikkei”, perusahaan energi negara itu sedang mempersiapkan untuk menghentikan impor minyak Iran sepenuhnya hingga Oktober.

Surat kabar itu mengatakan bahwa Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, akan menjadi negara-negara alternatif yang potensial untuk mengimpor minyak guna memenuhi kebutuhan pasar Jepang.

Mitsubishi UFJ dan Mizuho, salah satu bank terbesar di Jepang, mengumumkan pekan lalu bahwa mereka akan menangguhkan semua transaksi perbankan dengan Iran pada 12 Agustus.

Menurut data dari Kementerian Ekonomi dan Perdagangan Jepang, negara itu mengimpor 211 ribu barel minyak setiap hari dari Iran selama bulan Mei.

Pada 8 Mei, Presiden AS Donald Trump mengumumkan pembatalan perjanjian dan membatasi program nuklir Iran untuk jalan damai sebagai imbalan untuk mencabut sanksi Barat.

Pada 4 November, sanksi atas kesepakatan minyak dengan Teheran akan dimulai setelah penarikan AS dari kesepakatan nuklir Iran.

Departemen Luar Negeri mengatakan itu bertujuan untuk mengurangi ekspor minyak Iran.
Produksi minyak mentah Iran rata-rata perharinya adalah sekitar 3,8 juta barel(bpd), menurut OPEC, dengan volume 2,3 juta barel.

Sumber: https://www.aa.com.tr/ar

Penerjemah: Saifullah Abubakar

Editor: Faisal

PILIHAN REDAKSI