Unida Gontor Jadi Tuan Rumah International Afro-Asian University Forum

PONOROGO (UMMAT Pos) — Universitas Darussalam (Unida) Gontor akan menjadi tuan rumah konferensi International Afro-Asian University Forum (AAUF) yang akan diselenggarakan pada 22-23 Juli 2018 mendatang.

“Memang dua hari akan ada forum konferensi internasional Afro-Asian di Unida Ponorogo. Banyak petinggi universitas dari dalam maupun luar negeri,” kata Wakil Rektor 2 Unida, Dr Setiawan.

Ia mengatakan, rencananya pembukaan akan dilakukan oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Ahad (22/7/2018) mendatang di balai pertemuan Pondok Modern Gontor, Mlarak, Ponorogo

“Alhamdulillah Wakil Presiden menyampaikan apresiasi kepada UNIDA Gontor atas konferensi Afro-Asia dan beliau siap menerima delegasi konferensi pada tanggal 24 Juli 2018 siang atau sore hari,” terangnya.

Sementara, Wakil Presiden (Wapres) akan menerima tamu konferensi di Jakarta.

12 dari 20 universitas pendiri AAUF telah mengkonfirmasi untuk menghadiri acara ini. Universitas pendiri ini berasal dari Pakistan, Sudan, Maladewa, Brunei Darussalam, Chad, Tarthaztan, Uganda, Aljazair, Yordania, Tunisia, Bangladesh, Sri Lanka, Thailand, Malaysia, dan Mesir.

diketahui, Pimpinan dan anggota AUUF sepakat menunjuk UNIDA Gontor sebagai Sekeratriat pusat AAUF dan telah mendapatkan persetujuan dari tiga kementerian terkait seperti Kementerian Luar Negeri, Kementeiran Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi serta Kementerian Agama.

Pembentukan AAUF bertujuan untuk menjalin kerjasama lebih erat antar universitas di Asia dan Afrika dalam bidang pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.[fm/gontornews/jatimnow]