Tanggapi Penangkapan Kalapas Sukamiskin, Dahnil: Presiden Perlu Copot MenkumHam

JAKARTA (UMMAT Pos) — Informasi terkait lapas suka miskin menjadi rumah dan kantor baru yang nyaman dan aman bagi napi koruptor asal sanggup membayar mahal bukan lah hal yang baru, hanya saja belum ada tindakan hukum yang nyata. Hal ini diungkap Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak.

“Mudah-mudahan kali ini KPK bisa membongkar semua praktik fasilitasi dan suap menyuap disana. Dan, menurut saya salah satu pihak yang paling bertanggungjawab terkait dengan hal ini adalah menteri hukum dan HAM yang saya yakin sejak lama telah mengetahui rahasia publik tersebut namun tidak pernah ada tindakan nyata.” Katanya kepada Ummat Pos, Sabtu, (21/7/2018).

Tak sekadar dicopot, menurut Pendiri Madrasah Antikorupsi/Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah ini, yang bersangkutan perlu diminta keterangan juga karena hal ini terkait dengan tanggungjawab yang bersangkutan.

Menkumham, lanjut Dahnil dapat dimintai keterangan lebih lanjut terkait apakah benar ada lobi-lobi napi kepada Menkumham atau pihak terkait lain yang memiliki pengaruh kuat dengan fasilitas penjara agar mendapat izin dan tempat lapas yang sesuai keinginan napi.

“Dengan begitu Pak Menkumham bisa menjelaskan kepada publik, dan membongkar pratik mafia lapas yang selama ini meresahkan dan mengangkangi hukum kita.” pungkas dosen tetap Fakultas Ekonomi, Univ. Negeri Sultan Ageng Tirtayasa Banten ini.

Pria yang akrab disapa Anin ini juga mengungkap rata-rata napi koruptor yang dipenjara di Lapas Sukamiskin punya pengaruh politik dan birokrasi yang kuat.

Diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, Wahid Husen yang dijemput di rumahnya pukul 24.00 WIB, Sabtu (21/07) dini hari.

Wahid diketahui baru menjabat sebagai Kalapas Sukamiskin sejak empat bulan lalu. Lapas Sukamiskin yang berlokasi di Jalan AH Nasution Kota Bandung itu merupakan lapas khusus narapidana Tindak Pindak Korupsi (Tipikor).[fm]

 

PILIHAN REDAKSI