Atas instruksi Erdogan, Pesawat Turki jemput ilmuwan Sudan untuk dirawat di Istanbul

KHARTOUM, SUDAN (UMMAT Pos) — Media Arab mengungkapkan bahwa Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memerintahkan pengiriman ambulans ke ibukota Sudan, Khartoum, guna menjemput seorang Tokoh Sudan, Syekh Dr. Fatih Ali Hassanein untuk menjalani perawatan di Istanbul, Turki.

Sebuah pesawat Turki mendarat Jumat sore di bandara ibukota Sudan, Khartoum, membawa seorang kru medis VIP atas perintah Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Berita ini disampaikan oleh orang dekat Presiden Erdogan bahwa ketika presiden mendengar kondisi kesehatan sang tokoh ilmuwan memburuk, kemudian presiden Erdogan langsung memerintahkan stafnya untuk menjemput ilmuwan tersebut dan dibawa ke rumah Sakit di Istanbul, Turki.

Dikutip darinya bahwa keluarga Hassanein yang mengatakan bahwa pesawat itu mendarat di kota Istanbul, di mana pria itu dirawat di rumah sakit untuk perawatan daerah punggung, setelah operasi tulang rawan sebelumnya.

BACA JUGA: Mengenal Sosok Ulama Sudan Yang Pernah Mendoakan Erdogan Jadi Pemimpin Turki

Syekh Al-Fateh Ali Hassanein mengatakan bahwa “Turki saat ini terbang dengan sayap dan kaki yang kuat.”

Syekh Hassanein memiliki hubungan dekat dengan presiden Turki, sejak tahun 1970. Erdogan menggambarkan temannya sebagai syekh dan gurunya.

Mengutip svdaily.net menyebutkan bahwa Dr. Alfatih adalah seorang tokoh Muslim yang dengan teguh memikul tanggung jawabnya terhadap umat Islam, Ia mengabdikan hidupnya untuk membela dan mendukung kaum Muslim yang tertindas di Eropa Timur.

Salah satu buah upaya Alfatih untuk kesejahteraan Muslim Eropa Timur adalah pembentukan Republik Bosnia, di mana ia menjadi presiden sementara untuk jangka waktu ketika Presidennya, Ali Izzat Begovic, dikepung oleh milisi Serbia saat itu.

Sumber: Turkpress, svdaily

Laporan: Saifullah Abubakar/ Faisal

Editor: Faisal

PILIHAN REDAKSI