Menlu AS jadwalkan kunjungan ke Indonesia 4-5 Agustus mendatang

JAKARTA (UMMAT Pos) — Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael R. Pompeo dijadwalkan akan berkunjung ke Jakarta, Indonesia, pada 4-5 Agustus 2018, demikian disampaikan dalam keterangan tertulis pada laman resmi Kementerian Luar Negeri AS di Jakarta, Selasa.

Menlu Pompeo dalam kunjungannya ke Jakarta bertujuan untuk membahas upaya untuk memperkuat hubungan Kemitraan Strategis AS-Indonesia di masa depan, kata keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri AS.

Indonesia dan Amerika Serikat akan merayakan 70 tahun hubungan diplomatik dan bilateral pada 2019.

Selain berkunjung ke Indonesia, Menlu AS juga akan melakukan perjalanan ke Kuala Lumpur, Malaysia dan Singapura sejak 1 Agustus 2018.

Dalam kunjungannya ke tiga negara Asia Tenggara, Menlu Pompeo akan membahas upaya untuk memajukan tujuan bersama untuk keamanan, perdagangan bilateral dan investasi.

Menlu AS pun akan menegaskan tentang pentingnya sentralitas ASEAN dan menyoroti kepemimpinan Indonesia dalam mewujudkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Di Kuala Lumpur, pada 2-3 Agustus, Menlu Pompeo akan bertemu pejabat senior Malaysia untuk membahas penguatan kemitraan komprehensif dan memajukan kepentingan keamanan dan ekonomi bersama dan mengikuti transisi pemerintahan baru di Malaysia.

Sumber: Antara

PILIHAN REDAKSI