Posko Kesehatan Wahdah Islamiyah di Lombok Utara Layani Warga yang Didominasi Para Lansia

LOMBOK UTARA (UMMAT Pos) — Wilayah Kabupaten Lombok Utara yang menjadi lokasi terparah saat kejadiaan gempa berkekuatan 7 SR Ahad (5/8) lalu, hingga kini masih kekurangan bahan pangan dan bantuan medis.

Seperti di wilayah Dusun Luk Timur dan Luk Barat, Desa Samik Bangkol, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Di wilayah ini masih kekurangan pasokan air bersih.

“Disini masyarakat kekurangan logistik dan air bersih dan terpaksa mereka memelas ke pengguna jalan,”ujar Zulkifli Tri Darmawan, salah seorang tim relawan dan medis dari Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqoh ormas Wahdah Islamiyah.

Jumlah pengungsi yang berada di lokasi ini, menurut Zulkifli sebanyak 1300 orang yang didominasi kalangan anak-anak dan lansia.

Pantauan koresponden UMMAT Pos  saat mengunjungi daerah tersebut menemukan banyak warga yang mulai mengeluhkan gangguan kesehatan pencernaan dan kulit.

“Banyak juga yang sakit seperti flu batuk dan lain-lain,” paparnya.

Menurut rencananya tim relawan dan medis Lazis Wahdah akan melebarkan sayap posko pelayanan medis dan dapur umum dan sarana ibadah/mushallah darurat.

“Selain bantuan fisik kami juga buat tim pengajar atau trauma healing,” kata Zulkifli di sela-sela aktivitasnya.

Menurut Zulkifli, Lazis Wahdah Islamiyah kembali akan mengirimkan tim medis untuk gelombang yang kedua yang akan memberikan layanan dan bantuan di daerah yang masih belum mendapatkan pelayanan medis yang maksimal.

Kondisi pengungsian di lombok utara kampung tanjung bayan. Foto: Zulkifli Tri Darmawan

[fm]

PILIHAN REDAKSI