Warga Terdampak Bencana Butuh Air Bersih dan Sarana MCK

LOMBOK UTARA (UMMAT Pos) — Pasca terjadinya musibah gempa bumi di Lombok Utara, tim medis dan relawan yang mengunjungi ratusan pengungsi di Kampung Lampenge Desa Rempe Kabupaten Lombok Utara mendapati beberapa warga tampak mengeluhkan kurangnya air bersih.

Salah seorang warga bernama Muhidin (48) mengatakan bahwa untuk saat ini keberadaan kakus dan kebutuhan MCK lainnya masih belum ada. Sehingga untuk sekadar buang air mereka harus bersusah payah berjalan sejauh mungkin beberapa kilometer untuk mendapatkan mata air.

“Kami susah dapat air bersih. Makanya kami gotong royong angkut air dari bawah gunung ke lokasi ini,” ujarnya, Kamis (9/8).

Salah seorang dokter relawan Ormas Wahdah Islamiyah, dr. Fajrul mengimbau agar masyarakat di luar Lombok bisa segera membantu mereka yang sementara terisolasi.

“Jika MCK tidak ada, berarti ini akan berakibat fatal. Berbagai penyakit bisa menebar kemana-mana,” pungkasnya.

Tim relawan yang saat ini berada di lokasi paling terdampak bencana tersebut membuka kesempatan donasi melalui Bank Syariah Mandiri (451) dengan nomor rekening : 499 900 9005 a.n LAZIS Wahdah Peduli Negeri dan konfirmasi transfer ke 085315900900.[fm]

PILIHAN REDAKSI