Relawan Medis Wahdah: Warga Desa Rempek Butuh Suplai Air Bersih dan Karpet Shalat

LOMBOK UTARA (UMMAT Pos) Memasuki hari ke lima di titik lokasi terdampak bencana gempa bumi, tim medis dan relawan dari ormas Wahdah Islamiyah mengunjungi Dusun Busur Timur, Desa Rempek, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Sabtu (11/8). Desa ini terdiri dari 68 Kepala Keluarga yang terdiri dari 240 jiwa.

Kepada Ummat Pos, salah seorang relawan LAZS Wahdah, Zulkifli Tri Darmawan menjelaskan bahwa salah satu permasalahan mendasar yang sedang dihadapi warga adalah suplai air bersih yang sangat minim.

“Disamping itu, Musholla tempat warga beribadah masih kekurangan terpal (untuk alas, red) sehingga saat warga hendak berjamaah, terpaksa mereka sujud langsung menempel ke tanah,” jelasnya.

Menurut salah seorang tokoh masyarakat setempat, Wahana (60 tahun), jarak antara pos pengungsian dengan sumber air sejauh tiga kilometer. Guna memenuhi kebutuhan air, para warga lebih banyak mengandalkan bantuan yang masih jarang datang.

BACA JUGA: Warga Terdampak Bencana Butuh Air Bersih Dan Sarana MCK

“Desa kami hancur semua. Tidak ada sisa bahkan semua warga banyak yang sakit,” ujarnya.

Tim medis dan relawan Wahdah Islamiyah yang tergabung bersama tim dokter lainnya dari seluruh Indonesia, dalam beberapa hari bersinergi dengan menggunakan kendaraan medis berusaha menyisir pos-pos pengungsian yang tersebar di seluruh Kabupaten Lombok Utara.

Zulkifli menambahkan kepada pembaca yang ingin turut membantu dan menolong warga terdampak bencana dapat menyalurkan donasinya melalui Bank Syariah Mandiri (451) nomor rekening: 499 900 9005 a.n LAZIS Wahdah Peduli Negeri dan konfirmasi transfer ke 085315900900. [zul/fm]

PILIHAN REDAKSI