Posisinya Digantikan Syafruddin, Asman Abnur Berharap Lebih Baik

JAKARTA (UMMAT Pos) — Presiden Joko Widodo melantik¬†Komjen Pol Syafruddin sebagai Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) yang baru di Istana Negara, Jakarta, siang ini Rabu (15/8/2018). Syafruddin menggantikan Asman Abnur yang mengundurkan diri pasca Partai Amanat Nasional memutuskan tidak lagi berkoalisi dengan pemerintah.

Sehari sebelumnya, Asman Abnur telah memutuskan mundur dari kabinet kerja Jokowi – JK. Ia menyampaikan pengunduran diri ke Presiden Jokowi pada Selasa malam 14 Agustus 2018 di Istana Bogor.

Jokowi pun menyetujui permintaannya untuk mundur sebagai Menpan RB. “Jika itu yang terbaik, saya tidak bisa menolak,” kata politisi PAN ini menirukan pernyataan Jokowi.

Sikap PAN yang tidak mendukung Jokowi menjadi pembicaraan di internal koalisi pemerintah. Ia berujar ada keinginan untuk memberi penjelasan mengenai siapa saja yang berada di kubu pemerintah dan sebaliknya. “Bagaimana mengokohkan koalisi dan juga kejelasan siapa yang di sini, siapa yang di sana,” ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno di kantornya, Selasa 14 Agustus 2018.

Menurut dia, keputusan itu diambil lantaran Partai Amanat Nasional (PAN), partai tempat Asman Abnur bernaung berpihak ke kubu Prabowo. “Ya ini konsekuensi dinamika politik,” lanjut Pratikno.

Dalam keterangannya, Asman Abnur mengaku memilih mundur karena tak ingin menjadi beban bagi pemerintah Jokowi yang akan berakhir pada 2019. Ini terkait posisi dia sebagai kader PAN yang diketahui memilih berada di kubu Prabowo yang menjadi penantang Jokowi di Pilpres 2019.

“Saya rasa posisi saya sebagai Menpan dengan partai saya di luar koalisi kerja tidak mengenakan dan membebani bapak presiden,” ujarnya di Kementerian PAN RB, Selasa 14 Agustus 2018.[fm]