Qatar akan Investasi $15 Miliar di Turki

ANKARA (UMMAT Pos) — Pemerintah Qatar berjanji akan menginvestasikan dana sejumlah 15 miliar dolar atau sekitar Rp218,9 Triliun di Turki untuk menopang perekonomian negara itu yang sedang terpuruk, kata pejabat Turki Rabu (15/8).

Investasi itu, yang ditujukan pada bank-bank dan pasar modal Turki, diumumkan setelah pemimpin Qatar Sheikh Tamin bin Hamad Al Thani mengadakan pembicaraan di Ankara dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Turki belakangan ini dilanda krisis mata uang akibat ketegangan yang semakin memuncak dengan AS atas tarif impor.

Mata uang Turki, Lira, anjlok hampir 40 persen tahun ini karena kekhawatiran atas pengaruh Erdogan yang semakin besar terhadap perekonomian. Lira pulih dari posisi terendah baru-baru ini karena pemerintah memangkas batas nilai tukar harian Lira dengan uang asing.

BACA JUGA: Alasan Jaga Keamanan Di Kawasan, Militer Turki Dirikan Pangkalan Militer Di Qatar

Turki dan Qatar secara historis adalah mitra diplomatik yang baik. Turki mendukung Qatar setelah Arab Saudi dan negara-negara Arab lainnya memutuskan hubungan diplomatik, perdagangan dan perjalanan dengan Qatar tahun lalu. Negara-negara Arab menuduh Qatar membiayai terorisme, tuduhan yang dibantah oleh Qatar.[fm/VoA]

 

 

PILIHAN REDAKSI