Pemprov DKI Kirim 20 Truk Bantuan ke Lombok

JAKARTA (UMMAT Pos) — Kepedulian bagi warga Lombok terus mengalir dari berbagai elemen masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Sinergi kepedulian ini juga hadir dari Pemprov DKI Jakarta. Melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT), Pemprov DKI Jakarta menyalurkan ratusan ton bantuan kemanusiaan yang diangkut menggunakan 20 truk menuju Lombok.

ACT dan Pemprov DKI Jakarta secara resmi melepas keberangkatan 20 truk bantuan kemanusiaan untuk Lombok. Bertempat di Balaikota Jakarta, acara ini dihadiri oleh Presiden ACT Ahyudin dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Alhamdulillah hari ini kita menjadi saksi atas niat baik yang Insyaallah akan dicatat sebagai amal saleh warga Jakarta bagi saudara-saudara kita di Lombok. Bencana alam di Lombok tidak sedikitpun ada kontrol manusia atas peristiwa yang terjadi. Pada saat seperti ini, panggilan untuk menolong harus direspons dengan sikap yang tanggap,” papar Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan, Ahad (19/8).

Pelepasan truk bantuan kemanusiaan tersebut ditandai dengan penekanan sirine. Dua puluh truk yang mengangkut sekitar 200 ton logistik ini lantas berangkat menuju Lombok. Waktu tempuh perjalanan diperkirakan selama tiga hari.

“Insyaallah, setibanya di Lombok, truk langsung menuju Posko Logistik kami yang berada di Kota Mataram, tak jauh dari Lombok. Pos logistik inilah yang terus menyuplai logistik ke sejumlah titik-titik pengungsian di Lombok,” terang Ahyudin.

Logistik yang diangkut oleh 20 truk tersebut terdiri dari berbagai macam kebutuhan dasar yang sangat dibutuhkan pengungsi. Kebutuhan dasar tersebut di antaranya tenda, selimut, penjernih air, makanan, susu, dan lainnya.

Dalam acara pelepasan truk kemanusiaan untuk Lombok ini, Ahyudin turut memberikan apresiasi terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Apresiasi ini diberikan atas tingginya dukungan Pemprov DKI Jakarta terhadap aksi-aksi kemanusiaan.

“Kami apresiasi Gubernur DKI Jakarta sebagai ‘relawan’, ini faktualnya. Ada peran Pak Anies menggerakkan partisipasi warga DKI. Sekaligus, apa yang disampaikan, menginspirasi kerelawanan yang luas. Pesan-pesan universal, konsisten diucapkan dan dilakoni. Satunya kata dan perbuatan, hanya menyampaikan sesuatu yang dilakoni, makin efektif menggerakkan kerelawanan ketika itu dilakoni secara konsisten oleh seorang Anies Rasyid Baswedan yang memimpin sebuah provinsi,” tutur Ahyudin.

Ia juga menambahkan, kerelawanan sejatinya bukan simbolik, ia harus eksis dalam kata dan karya. “Semoga ketika kami tabalkan, kami tetapkan pak Anies sebagai relawan kemanusian, ini juga doa masyarakat relawan Indonesia. Beliau menjaga tekad ini dengan integritasnya bukan saja sebagai gubernur, tapi juga sebagai orang yang konsisten menjaga dirinya untuk rela, ikhlas sebagai orang baik,” imbuh Ahyudin.

Kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dan ACT dalam menjalankan aksi kemanusiaan bukanlah yang pertama kalinya. Ramadan lalu, Pemprov DKI Jakarta bersama ACT menyajikan panganan berbuka puasa selama Ramadan untuk ratusan RW kumuh dan miskin (kumis) di Jakarta melalui program Buka Bersama, Jakarta Bahagia, Semua Kebagian Berkahnya (BBJB – SKB).

Selain itu, di momen Iduladha ini, kolaborasi kemanusiaan pun kembali terjalin. Pemprov DKI Jakarta dan ACT menghadirkan program Dapur Qurban. Dapur Qurban sendiri akan hadir di 43 titik di seluruh wilayah ibu kota dan berlangsung selama Iduladha dan hari tasyrik, yakni 23-25 Agustus 2018.

Reporter: Abdullah Jundii

Editor: Faisal

PILIHAN REDAKSI