Turki – Qatar Teken Perjanjian Pertukaran Mata Uang

ANKARA (UMMAT Pos) — Bank Sentral Turki menandatangani perjanjian dengan Qatar pada perjanjian pertukaran mata uang sebagai langkah pertama untuk menerapkan paket investasi senilai $ 15 miliar antara Ankara dari Doha.

Menurut informasi yang diperoleh Anadolu Agency dari Bank Sentral Turki pada hari Minggu(19/8), perjanjian tersebut adalah langkah pertama untuk menerapkan paket investasi Qatar di Turki sebesar $ 15 miliar.”

“Kesepakatan itu untuk memperkuat kerja sama antara Bank Sentral Turki dan Qatar dalam kerangka ini”.

Dia menunjukkan bahwa kepala Bank Sentral Turki, Murat Guten Qaya, dan Abdullah bin Saud al-Thani dari Qatar telah menandatangani perjanjian.

Dia menambahkan bahwa “pejabat dari kedua negara (tidak disebutkan namanya) berpartisipasi dalam upacara penandatanganan perjanjian di markas Bank Sentral Qatar di Doha.”

Kesepakatan ini bertujuan untuk memfasilitasi perdagangan antara kedua negara dalam mata uang lokal, sambil menyediakan likuiditas dan dukungan untuk stabilitas keuangan.
Berdasarkan perjanjian, tahap pertama yang akan digunakan, diperkirakan mencapai $ 3 miliar.

Pada pertengahan Agustus, Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad, mengumumkan bahwa negaranya akan berinvestasi langsung di Turki senilai 15 miliar dolar.

Kepresidenan Turki mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “pengumuman tentang nilai investasi terjadi saat pertemuan antara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dengan Emir Qatar di ibukota Ankara.”

Sumber: Anadolu Agency

Penerjemah: Saifullah Abubakar

Editor: Faisal

PILIHAN REDAKSI