PDI-P ingin rangkul HRS? Andreas Hugo Pereira: Kalau bisa kenapa tidak?

JAKARTA (UMMAT Pos) — Sebuah pernyataan singkat mengejutkan disampaikan oleh petinggi Partai Demorasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pereira saat menanggapi kabar mengenai upaya koalisi partai pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin untuk merangkul pemimpin FPI, Habib Rizieq Shihab.

“Kalau bisa, kenapa tidak,” kata dia usai menghadiri diskusi publik CSIS di Jakarta, Senin (20/8).

Andreas menilai, kalau Kiai Ma’ruf yang kini tengah beribadah haji memang bertemu Habib Rizieq di Makkah, maka itu menjadi proses mediasi yang baik. Sebab menurut dia, Habib Rizieq dengan FPI dan lembaga-lembaga sayap lainnya merupakan bagian dari kekuatan yang ada di bangsa ini.

“Sehingga di dalam proses politik, kampanye pemilu, siapa saja yang memberikan dukungan ya kita harus serap,” papar dia.

Bahkan hal itu terlihat, dengan menjadikan Ma’ruf Amin sebagai jembatan. Dimana saat ini, Rais Aam PBNU dan Ketua Umum MUI itu tengah bepergian ke Arab Saudi guna mengisi undangan ceramah salah satu Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) di Arafah sekaligus menghadiri acara Silaturahim Nahdlatul Ulama Sedunia ke-17. Karenanya sejumlah pihak menduga ada peluang Ma’ruf untuk menemui Habib Rizieq yang kini berada di Riyadh.

Ma’ruf mengatakan, untuk menemui Habib Rizieq saat berada di Arab Saudi nantinya belum dapat dipastikan. Namun yang jelas, dirinya ke Arab untuk mengisi ceramah PIHK di Arafah dan silaturahmi NU sedunia.

“Kita lihat nanti,” imbunya di Mekkah beberapa waktu lalu.[fm]

PILIHAN REDAKSI