Jokowi-Prabowo Berpelukan, Fadli Zon: Peristiwa natural yang sangat bagus

JAKARTA (UMMAT Pos) — Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon merespon positif pelukan antara Prabowo Subianto dan Joko Widodo (Jokowi) dalam final pertandingan pencak silat Asian Games 2018 pada Kamis (30/8). Politikus Gerindra itu mengaku peristiwa itu dinilai sangat natural.

“Saya kira itu satu peristiwa natural yang sangat bagus ya, saya melihat itu (pelukan), bagus bagi demokrasi kita,” ucap Fadli di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (30/8).

Pelukan antara kedua tokoh nasional itu dinisiasi oleh atlit pencak silat Hanifan Yudani Kusumah. Usai meraih kemenangan atas pesilat Vietnam, Thai Linh Nguyen, Hanifan lantas menarik Jokowi-Prabowo untuk berpelukan bersama.

Fadli menuturkan, para kandidat paslon yang bertarung memang harus memberikan suasana tenang dan damai menjelang Pilpres 2019 mendatang. Sebaliknya, kedua pendukungnya pun harus pula menciptakan iklim politik yang damai.

“Seharusnya begitu, jadi selama ini kan yang kita lihat dalam banyak sisi kita juga inginkan satu demokrasi yang damai, kalau kita berdebat engga ada masalah. Tapi berdebat kita adalah berdebat dengan kepala dingin, dengan substansi,” ungkapnya.

Sikap kedua tokoh yang saling memberikan dukungan kepada atlet yang sedang berlaga dalam Asian Games seharusnya diikuti pula oleh para pendukung kandidat presiden pada tingkat akar rumput atau pada masyarakat bawah.

Kendati demikian, ia menyebutkan selama ini kritik yang dilontarkan kubu oposisi hanyalah bagian dari demokrasi. Baginya, dalam negara demokrasi, dinilainya aksi kritik sangat wajar.

Kegaduhan yang terjadi belum lama ini di Riau dan Surabaya diakibatkan oleh adanya sekelompok orang yang menghalangi aksi #2019GantiPresiden yang menurutnya didukung oleh Bawaslu dan KPU sebagai “bukan kampanye.”

“Padahal kalau itu dibiarkan saja tidak akan terjadi apa-apa. Yang penting justru dijaga, karena itu hak berpendapat yang dijamin oleh konstitusi,” tambahnya.

Atas prestasi para atlet pencak silat Indonesia yang berhasil menggondol banyak medali emas pada Asian Games itu, Fadli tak lupa mengucapkan apresiasi kepada Prabowo Subianto selaku Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

“Pak Prabowo saya kira berhasil membawa pencak silat sebagai cabang olahraga yang terbanyak memberikan sumbangan medali emas dalam Asian Games ini,” ujar Fadli.[fm/jpnn/viva]

PILIHAN REDAKSI