80 tahun pasangan ini membina rumahtangga, rahasianya: Kesabaran istri

KAGAWA (UMMAT Pos) — Masao Matsumoto, 108 dan istrinya, Miyako yang berusia 100 tahun, dipastikan sebagai pasangan suami istri tertua oleh Guiness World Records. Mereka menikah sejak tahun 1937.

Pasangan suami istri tertua di dunia yang telah menikah selama 80 tahun menyatakan mereka bertahan karena kesabaran istri.

Ya. Sang istri, Miyako mengatakan kebersamaan mereka bertahan karena kesabarannya.

Ia mengatakan, “Saya selalu percaya akan ada saat yang lebih baik, jadi saya terus bertahan”

Sementara suaminya, Masao tak berkomentar. Putri mereka, Hiromi, mendukung pandangan ibunya dan mengatakan ayahnya cukup keras.

Pasangan tertua ini memiliki lima putri dan bulan lalu mereka memiliki cicit yang ke dua puluh lima.

Guiness World Records memastikan pasangan suami istri tertua ini akan tercatat di buku sejarah mereka.

‘Kesabaran saya’

“Saya senang sekali. Dan ini terjadi karena kesabaran saya,” kata Miyako sambil tertawa dan berpose bersama Masao dan anggota keluarganya di depan sertifikat yang diberi pigura. Mereka tinggal di panti jompo.

“Saya sangat bersyukur dan membuat saya menangis karena terharu,” katanya lagi kepada kantor berita Reuters.

Pasangan ini tidak sempat menyelenggarakan pesta pernikahan karena perang dan Masao dikirim ke luar negeri sebagai tentara Foto: dailymail.co.uk

 

Pasangan tertua di Jepang ini memiliki 25 cicit.
“Mereka memasuki babak terakhir dalam hidup mereka. Sangat membanggakan mereka bisa menerima penghargaan ini. Semoga mereka tetap hidup dengan damai,” kata putri mereka, Hiromi.

Tingkat harapan hidup di Jepang termasuk yang paling lama di dunia.

Menurut data dari kementerian kesehatan Jepang, harapan hidup orang Jepang mencapai 84 tahun, nomor dua terlama di dunia setelah orang di Hong Kong.

Rekor pasangan tertua sebelumnya adalah Karl and Gurdren Dolven dari Norwegia dengan kombinasi umur mereka mencapai 210 tahun, satu bulan dan 34 hari saat Gurdrun meninggal pada 2004, menurut Guiness World Records.

Sumber: BBC | Huffingtonpost