Helikopter Nasional Pertama Turki Lakukan Penerbangan Perdana

ANKARA (UMMAT Pos) — Helikopter pertama yang dibuat dengan sumber daya lokal T-625  telah melakukan penerbangan untuk pertama kalinya pada Kamis pagi, (6/9/2018), proyek ini di fasilitas Industri Pesawat Terbang Turki (TAI) di distrik Kahramankazan, Ankara.

“Seperti yang kami janjikan, penerbangan perdana helikopter T625 kami, berlangsung pada 6 September berkat prestasi yang membanggakan dari Turkish Aerospace Industries,” Pejabat Industri Pertahanan Ismail Demir mengumumkan melalui akun Twitter resminya.

Ismail Demir juga men-tweet rekaman penerbangan perdana helikopter T-625 untuk tujuan umum yang dilengkapi dengan mesin yang diproduksi secara lokal.

Demir juga memberi selamat kepada orang-orang yang berkontribusi pada desain helikopter dan proses produksi.

Helikopter multi-peran dirancang untuk beroperasi di bawah kondisi cuaca ekstrim.

Manufaktur mesin, desain dan produksi di Turki mengalami peningkatan perkembangan sebagai bagian dari Rencana Aksi 100 Hari yang diumumkan oleh Presiden Recep Tayyip Erdoğan, di mana manufaktur mesin buatan lokal menjadi prioritas.

Program Helikopter Domestik (Özgün Helikopter Programı), proyek pembuatan helikopter pertama buatan lokal Turki dimulai di bawah kepemimpinan Undersecretariat for Defense Industries pada tahun 2013, dan dikelola oleh Turkish Aerospace Industries (TAI).

Produksi massal T-625 diperkirakan akan dimulai setelah 2021.

Helikopter T625 dinilai dapat bekerja dalam kondisi dan cuaca yang sulit atau ekstrim, pada ketinggian tinggi dan suhu tinggi, siang dan malam.

Helikopter ini akan dapat menjalankan pengangkutan, VIP, kargo, ambulans udara, pencarian dan penyelamatan serta misi pengangkutan luar pantai karena spektrum tugasnya yang luas.

Sumber: TRT | Hurriyetdailynews | Daily Sabah

Penerjemah: Faisal

PILIHAN REDAKSI