Miliarder, Jack Ma Umumkan Pensiun dari Raksasa e-commerce Alibaba

JAKARTA (UMMAT Pos) — Miliarder Jack Ma dilaporkan mengundurkan diri dari posisinya sebagai ketua eksekutif Alibaba (BABA), kerajaan e-commerce senilai $ 420 miliar yang ia dirikan bersama pada 1999. Ma secara resmi akan pensiun pada Senin, ulang tahun ke-54.

Ma akan tetap di dewan Alibaba. Dia akan fokus pada Jack Ma Foundation dan mendedikasikan waktunya untuk meningkatkan pendidikan, katanya kepada Times.

Mantan guru, Ma mengatakan pada Bloomberg TV awal pekan ini, dia mungkin akan kembali mengajar suatu hari nanti. “Ini adalah sesuatu yang saya pikir dapat saya lakukan jauh lebih baik daripada menjadi CEO Alibaba,” katanya.

Alibaba adalah salah satu perusahaan terbesar di Cina dan salah satu platform ritel online terpenting di dunia. Seiring pertumbuhannya, telah berkembang menjadi beragam industri lain termasuk, film, berita, dan komputasi awan. Ini juga menginvestasikan uang dan sumber daya dalam teknologi seperti kecerdasan buatan dan robotika. Perusahaan afiliasinya, Ant Financial, merupakan platform pembayaran online terbesar di China, bernilai sekitar $ 150 miliar.

Dengan kekayaan bersih pribadi sekitar $ 40 miliar, Ma adalah salah satu orang terkaya di China. Pemimpin bisnis telah membuat profil tinggi, muncul di konferensi di seluruh dunia dan berbicara kepada para pemimpin dunia. Dia mengundurkan diri sebagai CEO Alibaba pada 2013. Daniel Zhang adalah CEO perusahaan saat ini.

Masa pensiun sang taipan datang pada saat yang penuh gejolak untuk bisnis Cina. Amerika Serikat siap untuk mengenakan tarif pada $ 200 miliar barang-barang Cina, putaran tarif terbaru dalam perselisihan perdagangan yang meningkat antara kedua negara.

China adalah salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, tetapi telah mulai kehilangan kekuatannya tahun ini, dan tanda-tanda pelemahan lebih lanjut semakin berlipat ganda.

Sumber:  CNN

Penerjemah: Faisal