Ibu hamil sebaiknya hindari makan mi instan, bagaimana kalau ngidam?

JAKARTA (UMMAT Pos) — Mi instan terkadang menjadi salah satu godaan yang tak bisa terhindarkan, termasuk bagi ibu hamil. Bagaimana jika ada yang hamil dan ngidam mie instan? hm…

Ahli kesehatan memang tak melarang ibu hamil mengonsumsinya, namun ada syaratnya.

“Mi instan itu ada ingredients nutrisinya di belakang kemasan. Itu memang lebih baik ketimbang mi-mi yang tidak jelas misalnya. Kalau ingin banget ya tiga bulan sekali bolehlah. Tetapi kalau bisa menghindari ya lebih baik,” ujar dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari Morula IVF Indonesia, dr. Merry Amelya, SpOG kepada Antara di Jakarta, Jumat, (7/9/2018).

Menurut Merry, mi instan mengalami pengolahan dan makanan yang diolah apalagi berulang mengandung bahan pengawet yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

“Karena dia mengalami pengolahan. Setiap makanan yang mengalami pengolahan berulang pasti ada pengawetnya, tentu tidak baik (untuk kesehatan),” tutur dia.

Tetapi apakah konsumsi mi instan bisa sampai menimbulkan penyakit? Merry membantahnya, apalagi jika hanya dikonsumsi sekali dalam 9 bulan.

Tips sehat makan mie instan saat hamil

Jika Anda ingin makan mie instan saat hamil, pertimbangkan sejumlah tips berikut saat memasak mie:

Gunakan hanya setengah sachet bumbu untuk mengurangi asupan garam
Tambahkan bahan-bahan lain, seperti telur, potongan ayam/daging, bakso, dan variasi sayuran berdaun hijau, misalnya kangkung, sawi, pak choy, atau tomat dan wortel, untuk mendongkrak nilai gizinya.

Sesekali makan mie saat hamil sebagai makanan selingan tidak apa-apa, tapi jangan jadikan mie instan sebagai makanan pokok. Ingat, sejatinya mie instan adalah makanan junkfood cepat saji dan dianggap tidak membawa manfaat apapun bagi Anda dan bayi Anda. Saran terbaik dari para pakar kesehatan adalah untuk membatasi jumlah konsumsi mie instan hingga seminimal mungkin.

Sumber: Antaranews | Hellosehat

Faisal