Pemuda Muhammadiyah soroti permintaan polisi untuk UAS soal jangan bahas politik

JAKARTA (UMMAT Pos) — Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengomentari peryataan Kapolres Metro Tangerang Selatan AKBP Ferdy Irawan yang meminta kepada panitia acara tabligh Akbar Ust. Abdul Somad agar ‘jangan ada membahas politik, murni masalah keagamaan’.

Ferdy seperti dikutip CNNIndonesia mengaku telah menerima pemberitahuan lisan dari panitia.

“Yang jelas kami sudah ingatkan panitia agar dalam ceramah jangan ada membahas politik, murni masalah keagamaan. Kalau acara keagamaan pasti kita berkenan izin dengan catatan tidak ada politik praktis,” tutur Ferdy di Tangerang, Ahad, (9/9/2018).

Menanggapi pernyataan Kapolres tersebut, Dahnil menegaskan bahwa ajaran Islam telah sempurna mengajarkan tuntunan agama hingga ke persoalan politik.

“Kapolres ini paham tidak yg dia maksud dengan murni masalah Agama? Dan tdk boleh ceramah politik. Berpolitik itu diajarkan dalam Islam. Jadi, kok melarang ceramah politik,” tulisnya melalui akun twitter pribadinya, @Dahnilanzar.

Dalam kesempatan berbeda saat menjawab pertanyaan wartawan soal apa yang ditakutkan sehingga mubalig itu perlu diatur-atur? Dosen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten ini mengingatkan bahwa kontrol secara alamiah itu sesungguhnya sudah ada. “Publik juga tahu mana mubalig yang layak diundang dan enggak,” ujarnya seperti dikutip beritagar.id.

“Yang ditakutkan kan pengaturan itu ada abuse of power-nya. Digunakan untuk memberangus yang mengkritisi pemerintah,” imbuhnya.

Meski demikian ia mengaku sepakat jika pemerintah menyasar mubalig radikal atau yang tidak memiliki pemahaman kebangsaannya yang baik. “Tapi, jangan hina nalar publik. Jangan anggap publik itu bodoh dan tidak selamanya nalar publik itu bisa diatur,” pungkasnya.

Kegiatan tablig akbar yang mengundang Ustaz Abdul Somad sebagai pembicara rencananya akan berlangsung pada Sabtu (29/9) malam di Masjid Raya Al Kautsar Vila Dago, Pamulang, Tangerang Selatan.

Sumber: CNNIndonesia | Beritagar.id

 

PILIHAN REDAKSI