Di Jerman, Erdogan akan akhiri lawatannya dengan meresmikan masjid Köln

BERLIN (UMMAT Pos) — Kunjungan Erdogan selama tiga hari di jerman dijadwalkan akan berakhir di Köln, di mana Ia akan secara resmi membuka sebuah masjid milik organisasi keagamaan yang didanai negara Turki, DITIB.

Masjid tersebut memiliki kapasitas 1.200 orang dan menjadi salah satu masjid terbesar di Eropa.

“Ini akan menjadi hal penting dan merupakan salah satu masjid terbesar di Eropa dan Jerman. Ini memiliki makna simbolis bagi saudara-saudara Muslim kita yang tinggal di sini,” kata Nevzat Yasar Asikoglu, ketua DITIB. “Masjid ini juga melambangkan perdamaian, persaudaraan serta budaya koeksistensi,” lanjutnya.

Untuk diketahui, Jerman dengan jumlah penduduk lebih dari 81 juta orang, memiliki populasi Muslim terbesar kedua di Eropa Barat setelah Prancis.

Di antara 4,7 juta warga Muslim di Jerman, tiga juta berasal dari Turki. Banyak dari mereka adalah generasi kedua atau ketiga dari keluarga Turki yang bermigrasi ke Jerman pada 1960-an, dan terintegrasi dengan baik di negara tersebut.

Erdogan ingin “Membuka Halaman Baru” dengan Jerman

Dalam lawatannya ke Berlin, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga mengungkapkan salah satu tujuan pentingnya untuk mengurangi ketegangan dengan “mitranya di Jermannya.”

Erdogan mendesak agar Jerman dan Turki “membuka halaman baru” dalam hubungan mereka.

“Adalah tanggung jawab kita untuk secara rasional memajukan hubungan kita atas dasar kepentingan bersama, terlepas dari ketakutan yang irasional,” tulis Erdogan dalam suatu tulisan editorial tamu yang diterbitkan dalam harian Frankfurter Allgemeine Zeitung.

Dia juga menggarisbawahi apa yang pemerintah Jerman harus lakukan untuk meningkatkan hubungan, termasuk menunjuk gerakan Gulen sebagai organisasi teroris, yang dianggap sebagai dalang di balik kudeta 2016 yang gagal. Tulisan editorial tersebut juga memperingatkan munculnya Islamofobia dan ekstremisme sayap kanan di Jerman.

Selama kunjungan kenegaraannya, yang terlaksana karena undangan dari Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier, Erdogan akan diterima dengan upacara kehormatan militer pada hari Jumat di Berlin diikuti dengan perjamuan negara. Dua pertemuan dengan Kanselir Angela Merkel juga direncanakan.

Sebelumnya pemimpin kharismatik Turki ini juga dijadwalkan bertemu dengan kelompok masyarakat Turki di Jerman pada hari Kamis.

[fm/dw/wb]

PILIHAN REDAKSI