Akibat Gempa Dahsyat, Masjid ini Bergeser Sejauh 500 Meter

PALU (UMMAT Pos) — Gempa dahsyat disusul tsunami yang menerjang kota Palu dan sekitarnya tak hanya merubuhkan sejumlah bangunan hingga ambruk, tapi juga membuat sebagian bangunan bergeser dari posisinya semula.

Masjid Darul Muttaqin yang berada di Balaroa, Kec. Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah ini bergeser sejauh 500 M.

Salah seorang warga terdampak gempa, Nasar (38 th) yang ditemui saat menggali reruntuhan rumahnya, kepada tim Wahdah Peduli menuturkan bahwa masjid itu sebenarnya berada jauh di atas bukit, namun akibat gempa sehingga membuat masjid yang nampak hanya qubahnya saja ini berada tepat di dekat reruntuhan rumahnya.

Nasar menduga banyak jenazah yang masih terperangkap di dalam reruntuhan masjid, karena, “saat kejadian gempa menjelang Maghrib dan banyak anak-anak yang bermain di halaman masjid,” ujarnya.

Dia melanjutkan bahwa sedikitnya ada 8 orang yang selamat, termasuk putranya yang berlindung di balik qubah masjid, kemudian berlari menyelamatkan diri melewati bangunan-bangunan yang diguncang gempa ke arah gunung hingga pukul 11 malam.

Saat ini, Nasar bersama sekian korban yang selamat berharap agar bantuan alat berat bisa segera datang agar bisa dipakai mencari anggota keluarga mereka yang masih terjebak di balik reruntuhan rumah.

Dirinya berharap setidaknya ia bisa menyelenggarakan jenazah anggota keluarganya yang menggali dunia dengan layak.

Sementara itu, Tim Wahdah Peduli masih terus membantu mengevakuasi warga terdampak gempa dengan menyiapkan Tim SAR, selain itu juga menyiapkan layanan medis untuk korban yang sakit.

(Seperti dikisahkan Nasar kepada Nasruddin, relawan Lazis Wahdah Islamiyah). Editor: Faisal Mursila

PILIHAN REDAKSI