Turut Belasungkawa, Raja Salman Siap Bantu Korban Gempa-Tsunami Palu

JAKARTA (UMMAT Pos) — Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud menegaskan dukungan penuh Pemerintah Arab Saudi terhadap Indonesia, termasuk dukungan materiil guna mengurangi dampak gempa dan tsunami di Palu.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo melalui akun Twitternya yang dipantau Ummat Pos pada Selasa.

“Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz menelepon saya, berbelasungkawa atas bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah sekaligus menawarkan bantuan,” kata Jokowi dalam akun Twitternya, Selasa, 2 Oktober 2018.

Sementara itu, dalam keterangan persnya, Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta, Selasa, 12/10/2018). Raja Salman juga menyampaikan belasungkawa kepada korban gempa dan tsunami di Palu serta sekitarnya yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dan cedera.

Pernyataan tersebut disampaikan Raja Salman melalui sambungan telepon kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Senin (1/10).

Raja Salman juga memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala untuk mencurahkan rahmatNya bagi para korban jiwa dan segera menyembuhkan para korban luka.

Di lain pihak, Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Penjaga Dua Kota Suci itu atas dukungan pemerintah dan rakyat Saudi kepada bangsa Indonesia dalam mengatasi bencana alam yang telah menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan kerusakan harta benda.

Pemerintah Indonesia memang membuka pintu bagi negara-negara lain yang ingin memberi bantuan untuk korban gempa bumi dan tsunami di Palu, Donggala, dan Sigi, Sulawesi Tengah. Meski teknisnya masih dibahas, Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto memimpin koordinasi.

Wiranto mengatakan ada 18 negara yang menawarkan bantuan untuk bencana gempa Donggala dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah, di antaranya: Amerika Serikat, Perancis, Ceko, Swiss, Norwegia, Hungaria, Turki, Uni Eropa, Australia, Korea Selatan, Arab Saudi, Qatar, Selandia Baru, dan Singapura.

Faisal

PILIHAN REDAKSI