Sekutu Rezim Assad, Garda Revolusi Iran Tembakkan Misil ke Pejuang Suriah

TEHERAN (UMMAT Pos) — Sekutu dekat rezim Bashar Assad di Suriah, Garda Revolusi Iran mengklaim telah melancarkan serangan misil terhadap militan di Suriah pada Senin, (1/10/2018).

Peluncuran itu adalah serangan rudal kedua dari pemerintah Republik Syiah itu terhadap pejuang Suriah dalam lebih dari satu tahun.

Televisi pemerintah Iran dan kantor berita IRNA yang dikelola negara mengatakan serangan itu menargetkan gerilyawan di Suriah, tanpa merinci lebih lanjut mengenai laporannya tersebut.

Saluran TV yang mengudarakan rekaman serangan tersebut menampilkan salah satu reporternya berdiri ketika salah satu rudal diluncurkan.

Sebuah grafik televisi yang disiarkan televisi menyatakan rudal itu terbang di atas Irak tengah dekat kota Tikrit sebelum mendarat di dekat kota Abu Kamal, di wilayah tenggara Suriah.

Kantor berita semi resmi Fars, yang diyakini dekat dengan Garda, mengidentifikasi enam rudal yang digunakan sebagai varian Zolfaghar dan Qiam, yang masing-masing memiliki jangkauan 750 kilometer (465 mil) dan 800 kilometer (500 mil).

Iran juga meluncurkan serangan pesawat tanpa awak di situs sesudahnya, lapor TV negara tersebut.

Ini adalah ketiga kalinya dalam beberapa tahun terakhir bahwa Iran telah menembakkan rudal balistiknya dalam “kemarahan”.

Sumber: VoA

Penerjemah: Faisal

PILIHAN REDAKSI