Jokowi datang, jaringan internet Palu jadi lancar jaya

PALU (UMMAT Pos) — Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengadakan kunjungan yang kedua di kota Palu, Rabu (3/10/2018).

Kunjungan yang kedua ini bersama Panglima TNI dan jajaran petinggi negara lainnya, dengan kunjungan khusus wilayah Patobo.

Wilayah Patobo adalah wilayah terdampak Gempa yang paling parah di Kota Palu, disebabkan perumahan yang tenggelam ke dalam tanah sebab lumpur yang mulai mengering.

Bersamaan dengan kunjungan ini, menjadi perbedaan sendiri bagi lingkungan kota Palu, salah satunya adalah kecepatan jaringan internet yang berubah drastis.

Sebagaimana diungkapkan oleh Rustam Hafid, salah seorang relawan Gempa Palu dan Donggala.

Menurutnya, sejak awal kejadian Gempa Bumi, jaringan internet lumpuh, hingga menyulitkan komunikasi dari dalam Palu ke luar daerah, maupun sebaliknya.

“Jaringan internet 4G tiba-tiba lancar jaya, biasanya kami kesulitan mengupdate informasi mengenai kondisi Palu, kini YouTube pun telah terakses dengan mudah,” ujarnya.

Rustam menambahkan, semoga kehadiran RI 01, sebutan lain Presiden RI, menjadi awal membaiknya jaringan internet di daerah terdampak Gempa Palu dan sekitarnya.

“Dengan internet cepat maka kami juga cepat menyebarkan informasi mengenai keadaan Palu terkini,” pesannya.

Sebagaimana diketahui, pada kunjungan yang kedua ini, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Wiranto, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Reporter: Rustam Hafid

Editor: Faisal

PILIHAN REDAKSI