Kurs rupiah pagi ini anjlok jadi Rp15.139 per Dollar AS

JAKARTA (UMMAT Pos) — Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis pagi bergerak melemah sebesar 75 poin menjadi Rp15.139 dibandingkan posisi sebelumnya Rp15.064 per dolar AS.
Mengutip data perdagangan Reuters, Kamis (4/10), di pasar valuta asing, dolar AS kemudian melesat tajam dan mencapai posisi tertingginya pagi ini di Rp 15.100. Saat ini, posisi dolar AS terus menguat dan berada di Rp 15.130. Posisi dolar AS hari ini merupakan yang tertinggi sepanjang tahun 2018.
Secara year to date (ytd), nilai dolar AS masih menguat terhadap rupiah sebesar 11 persen.
Rupiah diprediksi  akan bergerak di kisaran Rp 14.100-Rp 15.029. Pergerakan turun dari rupiah dapat membuka peluang pelemahan kembali. Belum adanya kejelasan upaya mengurangi gejolak ekonomi dan politik di Italia memberikan imbas negatif pada euro yang dapat berimbas pada kembali melemahnya laju rupiah.
Diharapkan pelemahan dapat lebih terbatas untuk mengurangi potensi pelemahan lebih lanjut. Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat rupiah kembali melemah.[fm/ant/um]
PILIHAN REDAKSI