Bantuan Kemanusiaan Turki Sedang Dalam Perjalanan ke Indonesia

JAKARTA (UMMAT Pos) — Turki mengirim 250 tenda dan 1000 kantong tidur bagi korban gempa dan tsunami yang melanda pulau Sulawesi, Indonesia.

Mengutip laman Kantor Berita Turki TRT mengabarkan bahwa bantuan yang diberikan oleh Turki setelah bencana dahsyat di Indonesia, pada Jumat (5/10/2018) dikirim ke daerah gempa dengan menggunakan dua pesawat kargo militer.

Dalam sebuah pernyataan yang dibuat di Bandara Militer Etimesgut, di mana barang bantuan dimuat ke pesawat-pesawat, Manajer Program Bulan Sabit Merah Turki (Türk Kızılayı), Alper Uluca, menyatakan bahwa gempa bumi dan kemudian tsunami yang terjadi di Indonesia telah mengakibatkan kematian kira- sekitar 1500 orang, melukai ratusan orang dan dampak lainnya kepada sekitar 600.000 orang.

Dalam waktu 24 jam setelah bencana, Türk Kızılayı telah mengerahkan 2 staf ahli ke daerah bencana, Uluca mengatakan, ”Atas penilaian kebutuhan mendesak rekan-rekan kami di daerah bencana, hari ini dengan pesawat kargo kami, kami akan memberikan bantuan berupa 250 tenda dan 1000 kantong tidur. Tiga dari staf kami juga akan pergi ke wilayah dengan pesawat. Di sana, lima staf kami akan membagikan barang-barang bantuan kepada mereka yang membutuhkan.

Uluca juga mengatakan bahwa Turki akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada para korban bencana alam, baik yang dikirim dari Turki dan kebutuhan yang dibeli di Indonesia.

‘Tenda dan dukungan kami dapat memenuhi kebutuhan tahap pertama dari tempat penampungan darurat untuk sekitar 1.500-2.000 korban bencana. Untuk kali ini, barang pertolongan pertama yang ditentukan oleh pihak berwenang Indonesia, adalah tenda dan kantong tidur untuk memenuhi persyaratan tempat tinggal. Oleh karena itu, pada tahap pertama kami mengirim bahan-bahan bantuan ini, tetapi jika ada barang-barang material yang berbeda yang diperlukan, kami akan melanjutkan pengiriman. ”

Tenda dan kantong tidur yang dimuat pada dua pesawat kargo akan didistribusikan kepada mereka yang membutuhkan di daerah Palu di pulau Sulawesi, tempat bencana terjadi.

Sumber: TRT

Penerjemah: Faisal

PILIHAN REDAKSI