Panduan Fikih Kebencanaan Penting Diagendakan

KUALA LUMPUR (UMMAT Pos) — Anggota dewan penasihat Pejabat Mufti Wilayah Kuala Lumpur, Ustaz Dr. M. Arifin Ismail, MA, M.Phil mengajak umat Islam menyikapi musibah bencana alam di tanah air dengan fikih bencana.

“Kita perlu memperbaiki dalam hal menyikapi musibah sesuai panduan teologis Islam,” ujarnya dalam pengajian taman Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Malaysia di Taman Ampang Hilir, Kuala Lumpur, Ahad, (7/10/2018).

Penasehat PCIM ini mengatakan fikih kebencanaan ini menjadi agenda penting melihat perkembangan terjadinya berbagai bencana alam di Indonesia.

“Selain panduan fikih, yang tidak kalah penting adalah panduan akhlak kebencanaan,” kata pria asal Medan ini.

Arifin Ismail menekankan fokus pada peningkatan akhlak, baik pada keluarga, sesama manusia dan juga akhlak kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dalam membangun peradaban, ujar Arifin, kita perlu berbagi tugas.

Dalam sistem berbangsa dan bernegara, ujar dia, banyak hal fardu kifayah yang harus dibenahi. Pendidikan, ekonomi, politik dan lain-lain.

“Semuanya harus dimasuki secara seimbang dan berjama`ah. Saling mendukung, jangan saling mengusik,” katanya.

Merespon pertanyaan Ibu Nuriyah Mahfud dari Kampung Baru, melihat perkembangan akhir-akhir ini tentang hoax, dia mengatakan kita perlu “fikih hoax” atau lebih mudahnya “fikih informasi” dan sebisa mungkin kita menguasai media.

“Siapa menguasai media, dia menguasai dunia,” katanya.[fm/antara]