Sekjen PBB dan PM Malaysia Direncanakan Akan Kunjungi Palu

JAKARTA (UMMAT Pos) — Menteri Luar Negeri Retno Marsudi tengah berkoordinasi dengan pihak Sekretariat Jenderal PBB terkait rencana kunjungan Sekjen PBB Antonio Guterres dan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad ke Palu, Sulawesi Tengah.

Kunjungan ini akan dilakukan di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 8-14 Oktober 2018.

“Ini masih akan kita cross check lagi, masih kita komunikasikan lagi kapan dan bagaimananya dengan tim Sekjen PBB,” ujar Retno.

Sebelumnya, seperti dilansir Antara, Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) menyiapkan pengamanan kunjungan Sekjen PBB Antonio Guterres dan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad ke Palu, Sulawesi Tengah.

“Kita melakukan suatu rapat koordinasi karena pada saat Bali Forum ini kan ada tamu VVIP yang akan berencana untuk mengunjungi daerah bencana di Palu,” kata Menko Polhukam, Wiranto usai rapat koordinasi dengan Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto dan Kepala BNPB Willem Rampalingei di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Selasa (9/10).

Kunjungan itu akan dilakukan di sela pertemuan Bank Dunia-IMF, di Nusa Dua, Bali. Komjen Ari menyebutkan, rapat koordinasi untuk memastikan kunjungan itu lancar dan aman karena penerbangan ke Palu saat ini sedang padat sekali atau “crowded” dan kondisi di lapangan juga dalam masa tanggap darurat.

“Ketika seorang tamu negara akan berkunjung ke suatu tempat terlebih kawasan bencana seperti di Palu, Sulawesi Tengah diperlukan suatu pengamanan. Tentunya pada saat VVIP ini berkunjung ke Palu kan perlu kita atur ya dengan sebaik-baiknya agar perjalanan itu aman, lancar, dan menemukan suatu sasaran dalam rangka kunjungan, tidak sembarangan,” jelas Wiranto.

“Oleh karena itu kita atur. Di sana hostnya siapa. Entry briefing ya penjelasannya itu yang singkat, padat, jelas, siapa yang memberikan, yang meng-guidance siapa. Lalu sasaran-sasaran yang perlu ditinjau itu apa aja. Kan nggak terus kita bebaskan aja. Jadi rapat hari ini sudah menyelesaikan pengaturan itu,” ujarnya.

Sementara itu, Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto menambahkan pihaknya telah mengatur pengamanan bagi tamu VVIP yang akan meninjau daerah di Palu, Sulteng pasca bencana gempa dan tsunami, namun dirinya tidak menyebut jumlah personel yang akan dikerahkan.

“Nanti secara rinci detail pengamanan pasti tertutup itu kan soal teknisnya. Intinya ring 1 Paspampres ring 2 yang akan didatangi, sudah pasti kita adakan sterilisasi persiapan keamanan,” tukas Ari.[fm/gatra/antara]

PILIHAN REDAKSI