Tiba di Palu, Menteri Keuangan Turki salurkan bantuan bagi korban gempa

JAKARTA (UMMAT Pos) — Menteri Keuangan Turki Berat Albayrak tiba di Palu, Sulawesi Tengah untuk menyalurkan bantuan bagi para korban gempa dan tsunami.

Albayrak tiba pada Rabu siang di Bandara Mutiara SIS Al jufrie, Palu dan disambut oleh para pejabat setempat, Bulan Sabit Merah Turki, dan lembaga otoritas keagamaan Turki Diyanet Vakfi.

Setibanya dari bandara, Albayrak lalu menuju lokasi terdampak gempa untuk meninjau situasi dan menyalurkan bantuan bersama Bulan Sabit Merah Turki (Kizilayi).

Sebelumnya, dua Pesawat kargo C130 Turki berhasil mendarat di Palu, Selasa malam, untuk membantu korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Bulan Sabit Merah Turki (Kizilayi) menyampaikan pesawat tersebut membawa seribu kantong tidur dan 250 tenda bagi korban gempa.

Pesawat juga membawa tiga orang relawan Bulan Sabit Merah Turki dan dua personil Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD).

Kedua lembaga akan bekerja sama dalam membantu para korban.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan siap mengerahkan segala daya dan upaya untuk membantu Indonesia dalam menangani dampak gempa dan tsunami yang meluluhlantakkan Kota Palu dan Donggala.

“Saya berdoa untuk saudara-saudara kita yang tewas dalam peristiwa gempa bumi dan tsunami di Indonesia dan berharap agar mereka segera pulih dari duka ini. Saya turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya kepada seluruh rakyat Indonesia. Turki siap mengerahkan segala daya dan upaya untuk membantu Indonesia,” kata Erdogan.

Sumber: Anadolu Agency

Faisal

PILIHAN REDAKSI