Anwar Ibrahim Terima Gelar Doktor kehormatan dari Universitas Negeri Padang

PADANG, SUMBAR (UMMAT Pos) — Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Dato’ Seri Anwar Ibrahim dianugerahi gelar doktor kehormatan oleh Universitas Negeri Padang, Senin 29 Oktober 2018. Pemberian gelar kehormatan itu di bidang politik pendidikan dalam Program Studi Ilmu Pendidikan.

Penganugerahan diberikan di Auditorium UNP Kota Padang. Di antara tim promotornya, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Fahmi Idris dan Guru Besar UNP Mestika Zed.

Rektor UNP Ganefri mengatakan, penganugerahan ini berdasarkan perjuangan Anwar Ibrahim sebagai politisi. Tokoh reformasi ini juga dikenal sebagai pejuang bagi suatu perubahan ke arah kemajuan dengan menanamkan nilai-nilai kesatuan.

“Banyak pelajaran dari pengalaman hidup seorang Anwar Ibrahim. Itu mesti ditularkan ke generasi sekarang,”ujarnya.

Ganefri menyebutkan, Anwar sangat layak diberikan doktor kehormatan karena ilmu pengetahuan dan kemanusiannya. Ini bentuk penghargaan terhadap sosok Anwar karena membangun etika pendidikan politik yang baik. Anwar dikenal lebih mementingkan negara dari pada kelompok.

Hal senada disampaikan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

“Saya menilai Anwar adalah seorang politikus pejuang yang bisa diteladani integritasnya sehingga dihadiahi gelar doktor honoris causa oleh Universitas Negeri Padang,” katanya.

Sejumlah pejabat negara yang ikut menghadiri acara penganugerahan itu diantaranya Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang dan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Presiden Republik Indonesia ke-5, Megawati Soekarnoputri didampingi para petinggi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.[fm]